Kejuaraan Panahan Pemuda Muhammadiyah 2018

Sleman , jurnalsumatra.com – Dalam rangka menyemarakkan Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII, digelar perlombaan panahan pada Selasa (20/11/2018) pagi di Lapangan Prawirosetiko, Godean, Sleman.

Pembukaan secara simbolis dengan memanah target dilakukan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, didampingi tokoh Muhammadiyah, tokoh masyarakat, PWM DIY, PWPM DIY, dan sebagainya.

Tentang kegiatan panahan itu, diterangkan Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam rangka menyemarakkan Muktamar Pemuda Muhammadiyah. “Dan saya pikir, kegiatan itu bagus untuk mempersiapkan olahraga panahan agar bisa sampai ke tingkat nasional,” kata Dahnil.

Pada kesempatan itu, Dahnil berharap agar supaya masyarakat bisa membantu Pemuda Muhammadiyah untuk menggelorakan olahraga panahan itu.

“Hal itu agar punya semangat yang sama dengan Pemuda Muhammadiyah untuk mendorong olahraga panahan agar popular di tengah masyarakat,” tandas Dahnil.

Ke depan, pascakepemimpinannya, Dahnil  berharap kegiatan panahan itu tetap diadakan. “Dan semoga besok jadi salah satu program Pemuda Muhammadiyah dalam kepemimpinan baru dan mudah-mudahan akan lebih baik lagi,” kata Dahnil.

Dalam perlombaan kali ini ada tiga kategori yang dilombakan: Divisi barebow pemula (usia SD), divisi barebow umum, dan divisi barebow mataraman.

Setiap pemanah, pada kesempatan itu melepaskan anak panah sebanyak 12 rambahan.

Jika ditotal, anak panah yang melesat ke target bisa melebihi 12.000 anak panah dalam acara yang diselenggarakan oleh klub panahan Ar-Romyu Kokam DIY bekerjasama dengan Perpani Sleman.

“Semoga dengan perlombaan ini akan lahir atlet-atlet berprestasi di dunia panahan dan olah raga sunnah memanah semakin digemari masyarakat,” terang Dahnil, didampingi Miftahul Fajari (Ketua Ar-Romyu Kokam DIY) dan Darojat Noor Ahmad (Ndan Ops. Kokam DIY).

Pada kesempatan itu, ratusan pemanah dari usia anak-anak hingga dewasa, mengikuti kejuaraan panahan Pemuda Muhammadiyah 2018.

Kegiatan panahan kali ini sebagai bagian dari rangkaian pramuktamar Pemuda Muhammadiyah XVII yang akan digelar pada 24-28 November 2018 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Seperti disampaikan Ketua Ar-Romyu Kokam DIY, Miftahul Fajari, panahan ini adalah olahraga sunnah. “Dan kebetulan Pemuda Muhammadiyah dan Kokamnya punya klub panahan,” jelas Miftahul Fajari.

Dalam kejuaraan yang diikuti sekitar 20 klub panahan dari DIY dan daerah lainnya itu, dibagi dalam kategori anak dan dewasa.

Melalui kegiatan itu, diharapkan ke depan bisa mencetak atlet-atlet panahan dari warga Muhammadiyah. (Affan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =