Kekeringan Terus Hantui Warga Lahat

LAHAT – jurnalsumatra.com –  Kemarau yang cukup panjang melanda di Bumi Seganti Setungguan ini terus berlanjut. Bahkan, saat ini masyarakat kian khwatir akan air bersih.

Kebutuhan air yang menjadi hal mutlak bagi warga setempat seakan kian sulit terpenuhi. Selain menggantungkan kebutuhan tersebut di Sungai Lematang, masyarakat terpaksa menggunakan air galon untuk kebutuhan mandi mengingat air yang berasal di sungai tidak terjamin kebersihannya.

Kondisi ini mulai dirasakan sejumlah warga yang berstatus mengontrak di Kabupaten Lahat. Fahri (29) warga Prabumulih yang bekerja di Lahat mengaku merogoh kocek Rp10 ribu per harinya untuk membeli air galon tersebut.

Menurutnya, sejak musim kemarau tahun ini, sumber air di wilayahnya sangat minim, akibatnya air sumur tempat dirinya tinggal menjadi kering.

“Terpaksa, membeli air galon, sebab air sungai Lematang tidak terjamin kebersihannya,” ungkap Fahri saat dibincangi wartawan jurnalumatra.com, Kamis (18/10/2018), kemarin.

Bukan hanya Fahri, kerisis air bersih ini juga disampaikan Meky (32) warga Kota Lahat. Usai memanfaatkan air Sungai Lematang, dirinya merasa gatal-gatal. Dirinya menduga, air yang digunakan di Sungai telah digunakan warga lainnya di bagian hulu.

“Semua itu terpaksa kita lakukan. mau bagaimana lagi, terpaksa mandi di sungai, dan terkadang numpang tempat kawan. Beli galon juga tidak bisa setiap hari,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Samarudin SH mengatakan banyak warga yang terpaksa pergi ke Sungai Lematang untuk Mandi Cuci Kakus (MCK).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengimbau agar masyarakat melakukan penghematan air dan bersabar. Sedangkan bagi warga yang masih memiliki cadangan air bersih diharapkan untuk berbagi kepada tetangganya yang mengalami kesulitan air.

 

“Untuk menghindari gejala penyakit kulit, warga diusahakan untuk tidak mandi di sungai,” katanya.  (Din)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =