Kemenag Anggarkan Rp2 Miliar Bangun KUA Belakangpadang

     Batam, jurnalsumatra.com – Kementerian Agama menganggarkan Rp2 miliar untuk membangun gedung Kantor Urusan Agama di Pulau Belakangpadang Kota Batam, Kepulauan Riau.
Kepala Kantor Kemenag Kepri, Marwin Jamal di Batam, Rabu, menyatakan dana pembangunan KUA di Pulau Belakangpadang itu bersumber dari Surat Berharga Syariah Negera (SBSN).
Menurut Marwin, pembangunan KUA di pulau penyangga itu menandakan komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur kantor KUA yang menjadi basis layanan bagi para penghulu.
“Secara bertahap pemerintah melakukan hal yang sama untuk daerah yang lainnya,” kata dia.
Ia mengatakan jabatan penghulu sangat terpandang di tengah masyarakat. Penghulu memiliki kharisma secara tradisional. Ceramahnya dipatuhi oleh masyarakat.
Penghulu mengemban tugas memberikan penyuluhan dan pendidikan agama Islam pada masyarakat, kemitraan umat, pemberdayaan lembaga keagamaan, seni dan budaya serta dakwah Islamiyah.

     “Penghulu yang berbasis di kantor KUA sangat dekat masyarakat, kami harapkan mampu mengefektifkan penyuluhan kesadaran berzakat, infaq dan sedekah, pemberdayaan zakat dan wakaf serta mampu menjalin kemitraan strategis dalam pengelolaan zakat dan wakaf agar lebih produktif,” kata dia.
Marwin mengatakan sebenarnya Kepri kekurangan jumlah penghulu. Meski begitu, ia berharap penghulu mampu mengemban misi Kementerian Agama dalam membimbing masyarakat Islam. “Terus mengoptimalkan pelayanan perkawinan, ketahanan keluarga sakinah, produk halal, pemberdayaan masjid dan pembinaan syariah,” kata dia.
Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri menyelenggarakan kegiatan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Penghulu.
Ketua panitia acara, Mustafa mengatakan secara historis, keberadaan penghulu tidak dapat dilepaskan dari dinamika kehidupan masyarakat. Penghulu juga bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembangunan secara menyeluruh.
“Di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri telah dibentuk tim penilai jabatan fungsional penghulu yang bertugas untuk menilai prestasi kerja penyuluh,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =