Kemenag Banyumas Gelar Manasik Haji Awal Juli

     Purwokerto, jurnalsumatra.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, akan menggelar bimbingan manasik haji pada awal  Juli 2018.
“Pelaksanaan manasik haji setelah Lebaran, rencananya pada awal Juli 2018,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Banyumas, Amirudin di Purwokerto, Jumat.
Dia merinci, pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 3-4 Juli di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).
“Kalau di tingkat kecamatan masing-masing enam kali. Kalau puncaknya akan dilaksanakan di GOR Satria Purwokerto dengan biaya APBD,” katanya.

Pada saat ini, kata dia, Kemenag Banyumas sedang menyusun paspor per kloter untuk pengajuan visa calon haji.
Setelah itu, kata dia, visa calon haji akan diajukan secara kolektif.
“Visa akan diajukan ke Kedutaan Besar Arab Saudi melalui Kementerian Agama Pusat, lewat Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah,” katanya.
Dia menambahkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akan memberangkatkan 1.115 calon haji mulai tanggal 13 Agustus 2018.
“Pada saat ini sudah dapat dipastikan 1.115 calon haji Banyumas akan diberangkatkan ke Tanah Suci,” katanya.
Dia juga memastikan bahwa 1.115 calon haji tersebut akan dibagi dalam empat kloter
Empat kloter dimaksud antara lain kloter 89 sebanyak 58 orang, kloter 90 sebanyak 355 orang dan kloter 91 sebanyak 355 orang.
“Dan sisanya akan diberangkatkan pada kloter 92,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 5 =