Kemenag Mimika Minta Calon Haji Jaga Kesehatan

     Timika, jurnalsumatra.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, meminta jamaah calon haji tetap menjaga kondisi kesehatan mereka selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.
“Yang paling utama agar mereka selalu menjaga kondisi kesehatan agar dapat menunaikan ibadah haji dengan baik. Apalagi kondisi cuaca dan suhu di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia,” kata Kepala Kemenag Mimika Utler Adrianus di Timika, Kamis.
Rombongan jamaah calon haji asal Kabupaten Mimika tahun ini berjumlah 141 orang. Mereka telah dilepas secara resmi pada Senin (23/7) lalu.
Kini para calon haji Mimika itu sudah berada di Makassar, Sulawesi Selatan dan akan masuk Asrama Haji Makassar pada 30 Juli.
Adapun keberangkatan jamaah haji asal Mimika ke Arab Saudi melalui pintu embarkasi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada 1 Agustus.
Utler mengatakan jumlah calon haji Mimika tahun ini menurun dibanding tahun 2017 yang mencapai 191 orang.

     “Penurunan jumlah calon haji Kabupaten Mimika tahun ini karena berdasarkan daftar porsi yang masuk. Seharusnya tahun ini ada 142 orang, tapi satu orang mengundurkan diri karena sakit,” jelas Utler.
Para calon haji asal Kabupaten Mimika itu akan didampingi oleh satu orang pembimbing dari Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Mimika, H Idrus.
Adapun 141 calon haji Kabupaten Mimika tersebut terdiri atas laki-laki sebanyak 60 orang dan perempuan delapan orang.
Calon haji laki-laki tertua berusia 76 tahun atas nama Isno Munandar bin Nurekso dan calon haji perempuan tertua bernama Rawasia binti Bassa Sakka berusia 77 tahun.
Sementara calon haji laki-laki termuda atas nama Muhlisin bin Kama Tanjong berusia 33 tahun dan calon haji perempuan termuda atas nama Sinar binti Nusa Langke berusia 24 tahun.
Pihak Kemenag Mimika telah mempersiapkan para calon haji itu  menunaikan Rukun Islam ke lima melalui manasik haji, pemeriksaan kesehatan, pengurusan visa dan paspor.
Utler mengatakan daerah penyumbang calon haji haji terbanyak di Provinsi Papua tahun ini yaitu Kota Jayapura, diikuti Kabupaten Nabire dan Mimika.(anjas)

Leave a Reply