Kemenpar Siapkan Aparatur Daerah Untuk Kembangkan Pariwisata

     Bandung, jurnalsumatra.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia menyiapkan aparatur daerah kota/kabupaten yang terlatih dan memiliki wawasan tentang kepariwisataan sebagai upaya mengembangkan pariwisata agar dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung.
“Pembekalan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas SDM Aparatur Daerah, serta memberikan pengenalan dan pemahaman tentang ruang lingkup pembangunan pariwisata,” kata Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata, Ahman Sya saat menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Kepariwisataan Aparatur Daerah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin.
Ia menuturkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas dalam pembangunan nasional.
Upaya mensukseskan program prioritas itu, kata dia, perlu mendapat dukungan dari seluruh masyarakat, khususnya aparatur daerah yang berada di destinasi pariwisata.

     “Ini penting sekali bagi aparat daerah yang akan mengemban tugas melaksanakan kebijakan pemerintah pusat dan daerah di bidang pariwisata,” kata Ahman Sya.
Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, Bupati Garut, Ruddy Gunawan, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Budi Gan Gan dengan peserta sebanyak 200 aparatur daerah Pemerintah Kabupaten Garut.
Ferdiansyah menyampaikan, apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Garut yang berkomitmen menjadikan sektor pariwisata sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam rangka memeratakan kesejahteraan masyarakat.
Kabupaten Garut, kata dia, memiliki banyak wisata yang beragam dari sektor alam maupun budaya, bahkan industri kreatifnya yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.
“Perlu didorong untuk menciptakan ruang-ruang kreatif bagi publik sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan asing dan domestik,” kata Ferdiansyah.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + four =