Kemenpora Dukung Pembangunan Gor Gorontalo Utara

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Kementerian Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia (Kemenpora RI), mendukung penuh pembangunan sarana gedung olah raga (GOR) atau “sport center” di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

  Hal itu diungkap, Hamka Hendra Nur, asisten deputi (Asdep) Peningkatan Iptek dan Imtaq Pemuda, Deputi Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora RI, di Gorontalo, Kamis, pada peresmian fasilitas olah raga bantuan kementerian tersebut, di taman ruang terbuka hijau (RTH) Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

  Hamka mengatakan, Kemenpora sangat bersinergis dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, ditandai dengan beberapa kali diadakannya kegiatan nasional di daerah itu, sejak tahun 2017.

  Antaranya menggelar Gowes Nusantara, serta menyalurkan bantuan sarana olah raga “outdoor sport center”, serta beberapa fasilitas.

  Itu dilakukan berdasarkan kinerja yang baik Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan percepatan pembangunannya, sehingga Kemenpora senantiasa menjaga sinergitas tersebut.

  Terkait pembangunan GOR, kata Hamka, dari lokasi yang disiapkan Pemerintah Kabupaten, sangat cocok dan strategis ada di perlintasan Sulawesi, bahkan kontur tanahnya sangat baik.

  “Pak Bupati Indra Yasin sangat pintar memilih lokasi dengan luasan 10 hektare tersebut,” ucapnya.

  Lokasi itu sangat layak, sebab sangat berpeluang menjadi sport center paling bagus dan tersentral, dilengkapi wisma atlet, gedung pemuda dan sarana prasarana olah raga representatif.

  Jika terealisasi dengan cepat, GOR Gorontalo Utara akan didorong menggelar kegiatan yang melibatkan perpotongan daerah-daerah di Gorontalo dan Sulawesi.

  Dukungan Kemenpora pun akan total, selama fasilitas yang dibangun akan bermanfaat untuk masyarakat dan digunakan sebaik-baiknya.

  Dalam pemberian bantuan, Pemerintah Kabupaten wajib menghindari kegiatan yang tidak prosedural, sesuai tagline pak Menteri Zainudin Amali.

  “Kemenpora boleh membantu pemerintah kabupaten asalkan aspek administrasi, laporan pertanggungjawaban, akuntabilitas, tata kelola organisasi dapat diukur dan tidak menimbulkan permasalahan,” ungkap Hamka mengutip penyampaian Menpora.

  Pihaknya berharap, seluruh bantuan untuk Gorontalo Utara bersumber dari APBN, agar dijaga bersama termasuk oleh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan agar tidak sia-sia dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.(anjas)