Kemenpora Gelar Workshop Film Di Singkawang

    Pontianak, jurnalsumatra.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar workshop film kepada komunitas Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Hotel Swiss Belinn Kota Singkawang.

“Digelarnya workshop ini sebagai implementasi dari MoU Deputi VI (hubungan antarlembaga dan wilayah) sebagai peningkatan kompetensi dan komunitas,” kata Kasubdit hubungan antar lembaga non pemerintah dalam negeri badan ekonomi kreatif, Rita Dwi Kartika Utami, di Singkawang, Senin.

Dalam workshop ini, dia mendatangkan tim yang ahli dibidangnya untuk memberikan teori, kemudian mereka harus melakukan apa kepada peserta, dan peserta harus praktek di film yang dibuatnya.

“Artinya, para peserta dilepas mau seperti apa pembuatan filmnya, kemudian memberikan presentasi dan diberikan masukan oleh yang ahlinya,” ujarnya.

Dia berharap workshop ini, tidak berhenti sampai disini saja, melainkan harus berkelanjutan. Artinya, setelah adanya workshop alangkah baiknya dilakukan lomba yang merupakan kerja sama antara Pemda dan komunitas tentunya dapat memanfaatkan segala potensi yang dimiliki putra daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Bosni mengatakan, workshop yang digelar sifatnya memberikan pengetahuan dasar sebagai pengantar bagi komunitas perfilman di Kota Singkawang.

“Karena sub sektor ekonomi kreatif adalah salah satunya perfilman. Diharapkan mereka mempunyai pengetahuan dasar soal film, jadi seperti pencerahan di bidang perfilman,” ujarnya.

Tentunya, kata dia, diharapkan para komunitas dapat memperkaya pengetahuan sehingga para komunitas ini jika ingin membuat film lebih terarah dan mendukung program ekonomi kreatif Kota Singkawang.

“Harapan kita mereka mendapat pengetahuan sehingga nantinya jika mereka akan membuat film bisa lebih terarah,” ungkapnya.(anjas)

Leave a Reply