Kemensos Dan Kemenkeu Mou Tingkatkan Kinerja Institusi

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Kementerian Sosial menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Keuangan mengenai kerja sama layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) sebagai upaya meningkatkan kinerja institusi.
“MoU ini untuk meningkatkan kinerja institusi Kementerian Sosial khususnya dalam bidang pengadaan barang maupun jasa di Kementerian Sosial,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Harry Z Soeratin di di Gedung Djuanda, Jakarta, Kamis.
Diharapkan dengan kerja sama tersebut akan semakin meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran di Kementerian Sosial.
“Kerja sama ini bertujuan memastikan para ‘stakeholder’ dalam mewujudkan good governance di lingkungan Kementerian Sosial. Tidak kalah penting agar penggunaan anggaran dapat seefektif dan seefisien mungkin secara struktural dan terukur,” kata Harry.
Dia menjelaskan, sedikitnya terdapat lima butir utama dalam nota kesepahaman tersebut, yaitu penerapan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), penggunaan aplikasi SPSE, bantuan teknis pelaksanaan penerapan SPSE, elektronisasi audit pelaksanaan penerapan SPSE, dan pemberian data/informasi, serta komunikasi, hubungan kerja dan peningkatkan kompetensi aparatur sipil negara di Lingkungan Kemensos.
“Mudah-mudahan lewat kerja sama ini pengadaan barang/jasa secara elektronik dapat ditingkatkan kualitas atas output dan outcamenya,” tambahnya.
Menurut Sekjen, kerja sama yang dilakukan Kementerian Sosial dengan Kementerian Keuangan sejalan dengan apa yang telah diamanatkan Presiden saat  menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 kepada semua kementerian/lembaga dan gubernur se Indonesia di Istana Bogor, Rabu (6/12).
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan dengan ditandatanganinya MoU antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Sosial saat ini telah ada 17 Kementerian Lembaga yang bekerjasama dalam hal layanan pengadaan secara elektronik.
“Saya berharap kerjasama ini berkontribusi pada upaya efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara serta meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Hadiyanto.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 16 =