Kemensos: Pendamping PKH Target Sejahterakan KPM Sulut

    Manado, jurnalsumatra.com – Kementerian Sosial (Kemensos) mengharapkan agar pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dapat mensejahterakan keluarga penerima manfaat (PKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
“Para pendamping PKH agar memiliki komitmen dan semangat serta target untuk dapat mensejahterakan secara mandiri para KPM PKH yang didampingi,” kata Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat di Manado, Minggu.
Dia menegaskan tentang tugas-tugas SDM pelaksana PKH agar dapat menjalankan seluruh bisnis proses PKH dengan baik.
Pendamping sosial PKH harus memiliki kemampuan melakukan fasilitasi, mediasi, dan advokasi terhadap berbagai hak dan kewajiban Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Administrator database harus mampu mengelola data secara akurat, tepat waktu dan menjaga kerahasiaan data.
Untuk itulah kegiatan Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana PKH ini adalah langkah strategis dalam peningkatan kapasitas SDM PKH tersebut.
Harapannya SDM Pelaksana PKH adalah bagian dari Kementerian Sosial, sehingga harus menjadi jembatan dalam menjabarkan kebijakan pemerintah kepada masyarakat dampingannya.
“Saya berharap kegiatan peningkatan kapasitas SDM PKH dapat terselenggara secara efektif dan terencana, sehingga akan lahir SDM PKH yang handal, tangguh, tegar dan memiliki integritas dalam mengemban tugas-tugas besar tersebut,” katanya.
Dan, katanya, mohon doanya agar ekonomi semakin baik, sehingga keinginan Bapak Presiden Jokowi untuk menambah jangkauan penerima bansos dan anggarannya dapat terwujud tahun depan menjadi 15 juta penerima PKH.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + nine =