Kementerian Desa: 241 Kabupaten/Kota Canangkan Prukades

     Kuningan, jurnalsumatra.com – Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid mengatakan sudah ada 241 kabupaten/kota yang mencanangkan program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).
“Setiap kabupaten/kota diminta menetapkan tiga atau empat komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomi. Contohnya jagung di Kabupaten Pandeglang,” kata Taufik saat bertemu para kepala desa dari Kabupaten Kuningan di Desa Maniskidul, Kuningan, Kamis.
Taufik menjelaskan tujuan dari Prukades adalah mendapatkan model pembangunan ekonomi yang sesuai dengan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki masing-masing desa.
Kabupaten/kota yang sudah mencanangkan Prukades telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Untuk Kuningan, kami ingin nota kesepahaman itu secepatnya ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja bersama atau perjanjian kerja sama agar yang sudah disepakati bisa segera dilaksanakan,” tuturnya.
Taufik mengatakan bahwa Prukades telah menarik investasi hingga Rp47 triliun dan menyerap tenaga kerja. Prukades merupakan upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa setempat dengan melibatkan banyak pihak.
“Prukades akan melibatkan banyak pihak, termasuk swasta dan badan usaha milik negara,” ujarnya.
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengadakan “Jelajah Desa Ramadhan 2018” yang akan mendatangi desa-desa di kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Selain Kuningan kabupaten yang akan dikunjungi adalah Majalengka, Cirebon, Demak, dan Kudus.(anjas)

Leave a Reply