Kementerian LHK Verifikasi Izin Usaha Pemanfaatan Hutan

     Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Tim Direktorat Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan verifikasi usulan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKM) pada empat kelompok tani atau gabungan kelompok tani di Lampung.
“Kelompok tani atau gabungan kelompok tani itu berada di wilayah KPH VII Tangkit Tebak Way Waya. Verifikasi dimulai sejak 18 hingga 21 April 2018,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Syaiful Bachri, di Bandarlampung, Kamis.
Ia menyebutkan, empat poktan/gapoktan yang diversifikasi adalah Poktan Tani Jaya, Gapoktan Wana Marta, Gapoktan Abung Makmur, dan Gapoktan Srimulya II.
Verifikasi teknis tersebut, lanjutnya, melibatkan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Pokja PPS (Percepatan Perhutanan Sosial) Lampung, dan Direktorat Penyiapan Kawasan HKm Kementerian LHK.

     Kadis Kehutanan Provinsi Lampung itu menyatakan mendukung penuh upaya yang dilakukan untuk percepatan proses Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKM).
“Seluruh pihak terkait baik Dinas Kehutanan dan Pokja PPS Lampung melakukan kerja bersama dengan Tim Verifikasi Kementerian LHK, sehingga dalam waktu yang tidak lama IUPHKM pada empat poktan dan gapoktan dapat terbit,” ujarnya.
Ia menambahkan, perhutanan sosial merupakan program nasional yang perlu didukung bersama dalam mewujudkan kelestarian hutan khususnya dalam pengembalian fungsi kawasan hutan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.(anjas)

Leave a Reply