Kemlu Mengimbau WNI Ke Luar Negeri Menyesuaikan Visa

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Kementerian Luar Negeri mengimbau WNI yang akan pergi ke luar negeri untuk menyesuaikan visa dengan peruntukan kunjungan, menyusul dua pelawak Indonesia yang ditahan di penjara Hong Kong atas tuduhan penyalahgunaan visa.
“Kami menyampaikan imbauan kepada WNI yang akan berkunjung ke negara mana pun agar memastikan bahwa visa yang digunakan sesuai dengan tujuan kunjungan,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Kamis.
Yudo Prasetyo alias Cak Yudo dan Deni Afriandi alias Cak Percil ditahan karena dianggap melanggar Undang-Undang Imigrasi Hong Kong dengan menerima honor sebagai pengisi acara yang digelar oleh komunitas tenaga kerja Indonesia, Minggu (4/2).
Kedua komedian asal Jawa Timur itu memasuki wilayah Hong Kong, Jumat (2/2), dengan menggunakan visa turis.
Pihak otoritas Hong Kong menemukan bukti yang cukup atas adanya pelanggaran izin tinggal bagi penyelenggara acara dan penyalahgunaan visa turis bagi pengisi acara.

    Pihak panitia penyelenggara telah diinterogasi oleh aparat setempat dan dilepaskan dari tahanan, namun dengan kewajiban melapor kepada Imigrasi Hong Kong secara berkala.
Kedua pelawak tersebut telah disidangkan di Pengadilan Shatin, Hong Kong, Selasa (6/2), dan kini ditahan di penara Lai Chi Kok.
Menurut Iqbal, kejadian yang menimpa kedua pelawak tersebut umum terjadi dimana komunitas WNI di Hong Kong sering mengundang pembicara atau pengisi acara dari Indonesia, tanpa memastikan bahwa pihak yang diundang menggunakan visa sesuai peruntukannya.
“Mungkin karena mereka tahunya ke Hong Kong itu bebas visa, sehingga kurang pengetahuan kalau ada visa khusus untuk tujuan komersial,” tutur Iqbal.
Dalam hal ini, Iqbal menegaskan bahwa WNI yang akan berkunjung ke luar negeri untuk mengisi sebuah acara dan menerima honor atau upah dari aktivitas tersebut, tidak bisa menggunakan visa kunjungan biasa.
Ia pun mengaku akan lebih mengintensifkan sosialisasi kepada WNI yang berada di luar negeri tentang penggunaan visa sesuai peruntukannya.(anjas)

Leave a Reply