Kepala SMKN Optimis Daya Tampung Terpenuhi

Palembang, jurnalsumatra.com – Kepala SMKN 2 Palembang optimis daya tampung tahun ini akan terpenuhi kendati diterapkan sistem zonasi. Pasalnya, SMKN 2 memiliki jurusan yang diminati yakni Teknik Geomatika, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Pemesian, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Mekatronika.

Kepala SMKN 2 Palembang Drs Zulkarnain MT mengatakan, pihaknya tidak terpengaruh dengan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pasalnya, SMKN 2 memiliki jurusan yang diminati peserta didik. ” PPDB ini diatur dalam Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Saat PPDB tahun lalu, daya tanpung kita tidak ada yang kosong. Jadi tahun ini kita tetap optimis daya tampung tetap terpenuhi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak bisa membatasi peserta didik yang ingin mendaftar. “Kalaupun ada zonasi kita yakin siswa yang mendaftar tidak akan berkurang. Apalagi yang mendaftar tidak hanya dari Palembang bahkan dari luar Palembang,” kata Zulkarnain.

Ketika disinggung mekanisme pendaftaran PPDB jalur regular, Zulkarnain masih menunggu petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Sumsel. “Untuk jalur PMPA sebesar 10 persen dari daya tampung keseluruhan, itu sudah dilaksanakan. Sedangkan PPDB jalur reguler masih menunggu petunjuk teknis,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 4 =