Kesbangpol Harapkan Para Pemilih Gunakan Haknya

    Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan (Kalsel) Tautiq Sugiono mengharapkan masyarakat di daerahnya yang mempunyai hak pilih agar menggunakan haknya pada pemilihan kepala daerah atau pilkada setempat.
“Kalau semua warga yang mempunyai hak pilik menggunakan haknya, kita bisa menjadi contoh daerah lain,” ujarnya di sela-sela penilaian perkantoran jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut di Banjarbaru, Rabu.
Menurut dia, perlu partisipasi semua pihak, termasuk pimpinan partai politik (parpol), pendukung serta pasangan calon yang ikut pilkada untuk memotivasi warga yang mempunyai hak pilih tersebut supaya menggunakan haknya.
“Besarnya partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilih menunjukan keberhasilan dalam pendidikan politik,” lanjutnya menjawab Antara Kalsel yang menyertai Tim Penilai Perkantoran Jajaran Pemprov tersebut tahun 2018.

Ia menerangkan, dari pemantuan/monitorang Badan Kesbangpol Kalsel pada empat kabupaten di provinsi tersebut yang melaksanakan Pilkada 2018 sudah menyelesaikan daftar pemilih tetap (DPT).
Namun dia tidak menyebut/merinci jumlah mereka yang sudah masuk DPT pada Pilkada 2018, kecuali menyatakan, masih memungkinkan untuk penyempuranaan kalau ada yang ketinggalan.
“Yang terpenting kita berharap, tak seorang warga yang berhak memilih tidak bisa menggunakan hak pilih mereka karena alasan belum termuat dalam DPT,” demikian Tuafiq Sugiono.
Di Kalsel dari 13 kabupaten/kota ada empat di antaranya yang menggelar Pilkada 2018 atau tahap III secara serentak seluruh Indonesia, yaitu Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).
Dari empat kabupaten di Kalsel yang menggelar Pilkada 2018, semua petahana kembali ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan daerah setempat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 16 =