Kesbangpol Menggelar Rapat FKDM


Palembang, jurnalsumatra.com – Kesbangpol Kota Palembang menggelar rapat koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), tingkat kecamatan  diikuti FKDM di 18 kecamatan di Palembang bertempat di Grand Atiyasa,  Rabu (6/2/2019).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan, rapat koordinasi ini untuk meminimalisir masalah dan konflik di kecamatan masing-masing. ” Apalagi tak lama lagi kita akan melaksanakan Pilpres dan Pileg. Sehingga kondusifitas keamanan sangat diperlukan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan,   tahun 2019 ini adalah tahun politik bagi Indonesia. Apalagi pada April akan dilaksanakan Pemilihan presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg). Oleh sebab itu,  FKDM kecamatan menjadi salah satu jalur informasi guna memaksimalkan upaya cegah dan tangkal sejak dini.

“Palembang adalah kota yang zero konflik. Predikat itu harus terus dipertahankan. Kita berharap FKDM, baik kelurahan maupun kecamatan bisa terus berperan,” ulasnya

Syairozi, Ketua FKDM Palembang, mengatakan sesuai dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2006, FKDM dibentuk untuk mendeteksi adanya gangguan maupun konflik sosial di masyarakat.

“Rapat koordinasi ini bertujuan membangun silaturahmi dan sinergitas antara Pemerintah, FKDM, tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menciptakan Palembang yang aman, damai dan sejahtera,” bebernya. 

“Rapat koordinasi ini juga untuk meningkatkan kapasitas dan peran FKDM tingkat kecamatan sebagai salah satu pilar masyarakat, serta memberikan wawasan tentang teknik dan strategi deteksi dini dan antisipasi potensi konflik di masyarakat,” tambahnya.

Lanjutnya, sebelumnya FKDM ini hanya sebatas tingkat kelurahan saja. Tapi, saat ini sudah mencakup di kecamatan.

“Kita berharap gangguan maupun konflik sosial lebih mudah terdeteksi dan dicegah sejak dini,” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =