Ketua DPC Buka Workshop Pendidikan Politik

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Pada hari Sabtu tanggal (16/11/2019), pukul 08.30 Wib bertempat di Hotel Hasiba Jalan KH.Ahmad Dahlan Kelurahan Guguk Malintang Kecamatan Padang Panjang Timur, telah berlangsung kegiatan ”  Workshop Pendidikan Politik Menuju Pilgub 2020″. Acara ini dibuka langsung oleh ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang Panjang Fakhrudi ,ST. Panduko Rajo

Hadir dalam acara tersebut adalah, Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Barat Januardi Sumka, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Jefri Masrul, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang Panjang Fakhrudi,ST. Panduko Rajo, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Padang Panjang Rosmeri, Kader partai Politik Demokrat kota Padang Panjang, Para undangan yang hadir lebih kurang 100 orang.

Kata sambutan ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang Panjang Fakhrudi,ST Panduko Rajo. 

Kegiatan Workshop Pendidikan Politik dengan tema Menuju Pilgub 2020, tujuan nya memahami politik menuju Pilgub 2020 untuk partai Demokrat  dan memahami materi yang di sampaikan Nara sumber dari Demokrat.

Dan tidak memanjang waktu saya selaku ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang Panjang. Dengan mengucapkan Bismillah Workshop Pendidikan Politik Menuju Pilgub 2020 secara resmi dinyatakan dibuka.

Adapun penyampaian Materi persiapan Demokrat dalam menyongsong Pilkada 2020 di Sumatera Barat sebagai berikut, Partai Demokrat adalah salah satu partai yang akan ikut berpartisipasi melalui kadernya dalam pesta demokrasi 2020. Baik untuk Pilkada Provinsi maupun untuk Pilkada Kabupaten/Kota. 

Pilkada tahun 2020 akan dilaksanakan di 13 kabupaten/kota, diantaranya, Kab. Padang Pariaman, Kab. Agam, Kab. Pasaman, Kab.Pasaman Barat, Kab.Lima Puluh Kota, Kab.Tanah Datar, Kab.Dharmasraya, Kab.Sijunjung, Kab.Solok, Kab.Solok Selatan, Kab.Pesisir Selatan, Kota Bukittinggi, Kota Solok 

Untuk Provinsi 1 untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur

Dasar Hukum Pilkada 2020 dengan peraturan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu dan RKPU Nomor 10 tahun 2016. PRKPU Nomor 15 tahun 2019. 

Partai politik bisa mengajukan Pasangan bakal calon pilkada apabila memiliki jumlah suara 25% dari total suara sah dan memiliki kursi 20% dari total kursi dan untuk Provinsi Sumatera Barat 13 kursi. 

Bagaimana dengan Demokrat untuk tingkat provinsi Ir. H. Mulyadi dan untuk berapa kader di kabupaten/kota belum ada calon untuk Demokrat sampai saat ini.

Saat ini setiap kabupaten/kota yang ikut dalam pilkada tahun 2020 ini, diperbolehkan melalui melaksanakan persiapan – persiapan , seperti Rencana Koalisi atau Memantau para Bakal Calon. Dan diharapkan kekompakan/soliditas kader – kader partai Demokrat dalam memenangkan para calon kepala Daerah yang diusung oleh Partai Demokrat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh DPC Partai Demokrat Kota Padang Panjang untuk menuju Pilgub 2020 di Sumatera Barat.

Pukul 11.30 Wib kegiatan selesai berjalan dengan aman dan tertib. (MYt)