Ketua DPRD Riau Benarkan Anggotanya Ke Luar Negeri

Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Ketua DPRD Riau Septina Primawati meminta agar keberangkatan Anggota Dewan ke luar negeri tidak perlu di besar-besarkan, mengingat kunjungan tersebut sudah mengantongi izin dari Kementerian dalam Negeri.
“Sudahlah tidak usah di besar-besarkan. Yang penting sudah sesuai aturan, kegiatan ini sudah masuk dalam APBD, kita rekomendasikan dan diberi izin oleh Kementerian. Prosesnya tidak sembarangan,” sebut Septina Primawati di Pekanbaru, Jumat.
Menanggapi hangatnya pembicaraan terkait kunjungan Anggota DPRD Riau ke Luar Negeri di tengah defisit anggaran yang dialami Provinsi Riau, Ia menegaskan bahwa kegiatan tersebut memiliki agenda yang jelas memenuhi undangan kedutaan besar.
“Ini kan undangan ke dubes, jadi tidak ada persoalan mengenai keberangkatan mereka,” kata Septina.
Politisi Golkar Riau tersebut enggan mengomentari siapa saja anggota yang berangkat, ke mana negara yang akan dikunjungi dan jadwal keberangkatannya.

Disinggung, mengenai apakah tidak bisa ditunda keberangkatan mengingat kondisi keuangan yang melanda Pemprov saat ini, Septina kembali mengatakan bahwa keberangkatan berdasarkan undangan kedubes.”Ini undangan yang dihadiri, kalau lewat ya gak undangan namanya,” ujar Septina.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau Taufik Arrakhman mengatakan persoalan keberangkatan di tengah kondisi keuangan daerah, tentu sudah dipertimbangkan oleh pihaknya dan mendapat persetujuan dari Kementerian.
“Adanya undangan dari luar negeri yang harus dihadiri, dan kalau tidak ada kepentingan maka pihak negara asing pun tidak akan mengundang,” ujar Taufik.
Beberapa waktu lalu, menurut informasi yang disampaikan Kepala Pusat Hubungan Luar Negeri Kementerian Dalam Negeri, Nelson Simanjuntak pada bulan September lalu ada tiga usulan dari Riau untuk wakil rakyat bepergian ke luar negeri.
Dua rombongan wakil rakyat di DPRD Riau berangkat ke Rusia dan satu rombongan bernagkat ke Argentina.
Dari tiga delegasi tersebut diketahui agendanya pada tanggal 17-23 September ke Rusia, kemudian tanggal 29 hingga 2 Oktober ke Argentina dan tanggal 17-23 Oktober ke Rusia lagi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − nine =