KIP Aceh Selatan Diduga Lakukan Pelanggaran

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Pasangan Calon Nomor Urut 5 Pilkada Aceh Selatan, Teuku Sama Indra dan Harmaini selaku pemohon sengketa hasil Pilkada, menduga Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan selaku termohon telah melakukan pelanggaran yang memengaruhi perolehan suara.
“Penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan termohon tidak sah menurut hukum dan menyalahgunakan kewenangan yang dimiliki termohon,” jelas kuasa hukum pemohon Kamarudin di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Jumat.
Selain itu, pemohon merasa mendapatkan intimidasi, fitnah dan penghinaan yang dilakukan Pasangan Calon Nomor Urut 2 Azwir dan Amran pada saat Pemilihan Bupati Aceh Selatan 2018 berlangsung.
“Pemohon juga menduga adanya politik uang yang dilakukan paslon nomor urut 2,” ucap Kamarudin.
Politik uang dilakukan dengan membagikan uang kepada masyarakat supaya mendapat dukungan suara, yang dilakukan beberapa hari menjelang hari pencoblosan.

Lebih lanjut pemohon menjelaskan dua minggu menjelang pemungutan suara telah terjadi mobilisasi aparat, baik TNI dan Brimob dengan senjata lengkap ke wilayah kabupaten Aceh Selatan yang kemudian meresahkan masyarakat.
Tindakan aparat ini dinilai pemohon telah menyalahgunakan wewenang atau setidaknya melampaui batas kewenangannya.
Lainnya, pada 27 April 2018, Kahar Muzakar Hatta selaku juru kampanye Pasangan Calon Nomor Urut 2, dalam orasi politiknya pada acara silaturahim dengan masyarakat melakukan tindakan yang dilarang dalam pelaksanaan kampanye dan memfitnah serta menghina Pemohon di hadapan khalayak umum.
“Perlakuan terhadap pemohon dan tindakan-tindakan sebagaimana telah disebutkan di atas telah menciderai semangat demokrasi di Kabupaten Aceh Selatan,” jelas Kamarudin.
Oleh sebab  itu, pemohon meminta Mahkamah membatalkan putusan KIP Aceh Selatan tentang penetapan hasil perolehan suara Pilkada Aceh Selatan, serta meminta Mahkamah memerintahkan pemungutan suara ulang di beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Selatan.(anjas)

Leave a Reply