Kloter Pertama JCH Balikpapan Berangkat

    Balikpapan, jurnalsumatra.com – Sebanyak 450 calon haji asal Kota Balikpapan menjadi kelompok terbang pertama yang berangkat ke Tanah Suci pada Jumat siang.
“Mereka masuk Asrama Haji Batakan kemarin Kamis (26/7), dan bagian dari 532 orang calon haji dari Balikpapan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan Hakimin Pattang di Balikpapan, Jumat.         Di antara para calon haji, ada Pattawe, 81 tahun dan Akbar, 24 tahun, yang menjadi calon haji tertua dan termuda dari jamaah yang berangkat melalui Embarkasi Balikpapan.
Asrama Haji Balikpapan adalah embarkasi yang melayani jamaah dari Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Dari embarkasi itu akan berangkat seluruhnya 5.937 calon haji berikut petugas pendamping.
Kloter pertama dari Balikpapan yang berjumlah 450 orang tersebut didampingi lima petugas pendamping. Mereka diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 747 yang berkapasitas lebih dari 500 penumpang.

     Jamaah asal Kalimantan Timur seluruhnya 2.595 orang, Kalimantan Utara 418 orang, Sulawesi Tengah 2.000 orang, dan Sulawesi Utara 715 orang.
Hakimin Pattang mengatakan jumlah calon haji tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.
Mereka dikelompokkan dalam 13 kloter dan diberangkatkan secara bertahap mulai 27 Juli hingga 13 Agustus.
Dia mengatakan dalam daftar tunggu keberangkatan haji Balikpapan sudah ada 11.750 nama, sehingga calon jamaah yang mendaftar pada 2018 baru akan berangkat pada musim haji tahun 2039 atau 21 tahun kemudian.         Sebelumnya, dalam seremoni pemberangkatan jamaah calon haji di Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC), Kamis (26/7), Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berpesan agar jamaah tetap tertib, tidak keluar dari kelompok, dan menjaga kesehatan dengan cukup makan minum serta istirahat.
“Anak muda bantu dan kasih kesempatan jamaah kita yang lebih tua,” kata dia usai memasangkan rompi untuk Akbar, calon haji termuda Balikpapan yang baru berusia 24 tahun.(anjas)

Leave a Reply