KODAM I/BB Bakti Sosial Kesehatan Operasi Katarak

     Medan, jurnalsumatra.com – Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan menggandeng sejumlah pihak terkait dalam bakti sosial kesehatan berupa operasi katarak dalam rangkaian peringatan HUT Ke-73 TNI di daerah itu.
“Tahun ini ditargetkan dapat memulihkan penglihatan 1.000 mata masyarakat yang tersebar di Sumatera Utara,” kata Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah dalam sambutannya Bakti Sosial Kesehatan Operasi Katarak di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB di Medan, Kamis (11/10).
Dalam kegiatan hingga 15 Oktober 2018 itu, Kodam I/BB bekerja sama dengan PT Agincourt Resources, Anew Vision, Inti Sumut, dan Walubi Sumut, sedangkan bakti sosial di tiga tempat di Kota Medan, Kota Sibolga, dan Kota Padang Sidempuan.
Ia menilai warga Sumatera Utara cukup antusias mengikuti kegiatan itu. Mereka berdatangan dari berbagai daerah hingga memadati rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan dalam bakti sosial itu.
Fadhilah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama kodam setempat dalam bakti sosial kesehatan tersebut.

“Kodam I/BB  komitmen untuk membantu operasi katarak bagi masyarakat yang kurang mampu,” ucap jenderal bintang dua itu.
Ia menjelaskan katarak biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba, sedangkan akibat katarak beragam sesuai tingkat kekeruhannya.
“Sebagian besar katarak itu, dikarenakan proses penuaan pada usia di atas 40 tahun,” kata mantan Kapuspen TNI itu.
Pangdam Fadhilah beserta asisten juga menyempatkan diri melihat dan berbincang dengan para pasien yang telah dioperasi maupun yang akan dioperasi.
Salah seorang peserta operasi katarak yang juga warga Kelambir 5, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Saniman (70), mengucapkan terima kasih karena mendapatkan kesempatan untuk mengikuti operasi itu.
Ia bersyukur karena bisa melihat lagi dengan normal setelah katarak di mata kanan sudah dioperasi.
“Saya harap kegiatan ini terus berlangsung agar dapat membantu warga lainnya yang menderita katarak,” ujar dia.
Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Ketua INTI Sumut, dan Ketua Walubi Sumut. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 10 =