Kodam Sriwijaya Targetkan Perluasan Sawah Ribuan Hektar

Palembang, jurnalsumatra.com – Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dalam meningkatkan Ketahanan Pangan, pada tahun 2018 Kodam II/Sriwijaya akan melanjutkan program perluasan sawah baru di wilayah Sumbagsel (Sumsel, Jambi, Lampung, Bengkulu  dan Bangka Belitung). Program perluasan sawah baru di wilayah Kodam II/Swj pada tahun 2018 kali ini dengan target seluas 2.219 hektar.

Dalam rangka melanjutkan program perluasan sawah baru tersebut, dipimpin Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial. Kodam II/Swj menggelar Rapat Kesiapan Program Perluasan Sawah Tahun Anggaran 2018 di Wilayah Sumbagsel, Rabu (16/5/2018) bertempat di Gedung AH Nasution Makodam II/Swj, Palembang.

Rapat yang dihadiri oleh Irdam II/Swj, para Danrem, Asrendam II/Swj, Katopdam II/Swj, Kazidam II/Swj dan para Kadistan (Provinsi Sumsel, Bengkulu, Jambi dan Lampung) ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Perluasan Sawah TA. 2018 antara Kodam II/Swj dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan masing-masing Provinsi Sumsel, Bengkulu, Jambi dan Lampung.

Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh, program perluasan sawah baru di wilayah Kodam II/Swj pada tahun 2018 kali ini dengan target seluas 2,219 hektar. Kesemuanya tersebar di 4 provinsi dan 8 Kabupaten diseluruh wilayah Sumbagsel (Sumsel, Lampung, Jambi dan Bengkulu).

“Untuk wilayah Korem 041/Gamas, Prov. Bengkulu target perluasan sawah seluas 400 hektar di Kabupaten Muko-muko. Sedangkan Wilayah Korem 042/Gapu Provinsi Jambi target seluas 119 hektar, tersebar di 2 Kabupaten, yakni Kabupaten Batang Hari seluas 55 hektar dan Kabupaten Sarolangun seluas 64 hektar,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Syafrial, wilayah Korem 043/Gatam Provinsi Lampung seluas 800 hektar, tersebar juga di 2 Kabupaten, antara lain Kabupaten Mesuji seluas 400 hektar dan Kabupaten Tulang Bawang seluas 400 hektar.

Syaftial mengungkapkan, untuk wilayah Korem 044/Gapo Provinsi Sumsel sendiri dengan target perluasan sawah seluas 900 hektar. “Keseluruhan tersebar di 3 Kabupaten, yaitu, Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba), Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang masing-masing target cetak sawah seluas 300 hektar,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 7 =