Kodim 1508/Tobelo Gelar Upacara Peringatan Hari Pancasila

    Ternate, jurnalsumatra.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut), Jumat, menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Ke-73 Pancasila.
Inspektur Upacara Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto membacakan sambutan tertulis Presiden RI.
Selama 73 tahun, kata Dandim membacakan sambutan Presiden, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun  Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.
“Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.
Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu,  berdaulat, adil dan makmur.

     Semangat berbagi antaranak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan.
“Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian,  welas asih dan saling menghargai dengam penuh empati,” katanya.
Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat, kata Dandim.
Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.
“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” kata Dandim membacakan sambutan Presiden.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 7 =