Kodim Kandangan Sosialisasikan Wisata Matematika Bela Negara

     Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Kodim 1003 Kandangan dalam kegiatan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) melaksanakan sosialisasi Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) di SMPN 4 Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel.
Komandan Satuan Setingkat Pleton (SST) 1 TMMD Kapten Inf Hariyadi Suprapto di Malilingin, Jumat, mengatakan kegiatan ini makin meriah karena selain diikuti para pelajar setempat, juga diikuti ibu-ibu pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Kodim 1003 Kandangan dan Bhayangkari Polres HSS sebagai peserta WMBN.
“Dalam kegiatan wisata berbentuk pelatihan ini dilakukan aktivitas layaknya seperti latihan kedisiplinan, wawasan kebangsaan, dan dinamika kelompok dan pelatihan ini langsung dilakukan anggota Satgas TMMD,” katanya.
Ia menjelaskan, nuansa berbeda juga dirasakan para pelajar yang biasanya asing untuk kegiatan seperti ini, mereka diajak dan diperkenalkan berbagai kegiatan tentang pelatihan bela negara.
Di antaranya, cara untuk bela negara, permainan matematika bela negara, dinamika kelompok, dan diakhiri dengan foto bersama dengan segenap pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Kodim 1003 Kandangan dan Bhayangkari Polres HSS.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat menguatkan rasa cinta tanah air dan bangsa, memahami secara utuh Pancasila sebagai ideologi negara, membentuk kedisiplinan, etos belajar, kemandirian, rasa kesetiakawanan sosial, serta semangat gotong royong.
Sementara itu, pelajar SMPN 4 Padang Batung Miftahul Janah, mengatakan merasa senang karena disuguhi beragam permainan matematika bela negara yang kreatif, atraktif, melibatkan kerja sama dalam tim.
Kepala SMPN 4 Padang Batung Ismet Inoni, mengatakan pelatihan ini bernilai sangat positif karena terdapat banyak kegiatan yang mengajarkan pentingnya kebersamaan dan kekompakan dalam sebuah aktivitas sehari-hari.
“Tidak mudah dalam mendapatkan kemerdekaan terlebih mempertahankannya. Program ini membuat kita sadar akan pentingnya solidaritas, persatuan, perlunya kecerdasan dalam mengelola apa yang telah tuhan anugerahkan kepada kita di bumi pertiwi ini,” katanya.
Komandan Kodim (Dandim) 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto juga mengatakan sangat menyambut baik pelatihan yang dikemas dalam bentuk wisata ini, dan membawa angin segar sebagai media komunikasi tentang pengenalan wawasan kebangsaan.
“Menariknya dari program ini telah dikemas serta disisipkan dalam bentuk siklus pemberdayaan generasi muda yang berkarakter,ż katanya. (anjas)

Leave a Reply