Kodim Nagan Raya Meraih Juara Dua Nasional Lomba Pembinaan Teritorial

Suka Makmue, jurnalsumatra.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/Nagan Raya, Provinsi Aceh meraih juara dua lomba pembinaan teritorial tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI-AD), Jumat (29/11).

  Kodim Nagan Raya meraih juara dua lomba pembinaan teritorial untuk kategori tipe B setelah bertarung dengan Kodim-Kodim di seluruh Indonesia. Sedangkan juara satu diraih oleh Kodim 0904/Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kodam VI/Mulawarman.

  “Prestasi ini merupakan kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Nagan Raya, dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua warga Nagan Raya,” kata Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono, Jumat.

  Menurutnya, keberhasilan tersebut berdasarkan penilaian unggulan Kodim Nagan Raya di bidang pemberdayaan wilayah, yaitu program Desa Mandiri, pengelolaan pupuk organik, budidaya lemon, budidaya serai wangi dan kemitraan produksi padi.

  Dengan prestasi yang diraih ini, nantinya akan menjadi motivasi bagi Kodim Nagan Raya untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan bertekad akan terus membantu serta mendukung dalam kemajuan Kabupaten Nagan Raya.

  Kata Guruh, prestasi tersebut merupakan kerja keras dari seluruh masyarakat Nagan Raya yang dimotori oleh prajurit TNI yang berhasil mengubah daerah Aceh bekas konflik sejajar dengan daerah lain yang sudah maju.

  Adapun kriteria yang diperlombakan meliputi berbagai aspek pembinaan teritorial dan prestasi satuan.

  Tim penilai dari Mabes TNI AD pada lomba Binter ini juga melihat aspek lain, yakni bakti sosial TNI dengan masyarakat dan Pemda, hingga pemberdayaan wilayah serta program-program unggulan Kodim.(anjas)