Kodim Pariaman Maksimalkan Kegiatan Teritorial Pembangunan Daerah

    Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), terus berupaya memaksimalkan berbagai kegiatan teritorial dalam rangka percepatan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat.
“Setiap kegiatan teritorial mengikutsertakan masyarakat sehingga pembangunan daerah dapat dilaksanakan bersama-sama, dan hasilnya dinilai lebih maksimal,” kata Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah di Pariaman, Rabu.
Hal tersebut disampaikannya usai menerima kunjungan tim Asistensi Teknis Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial dari Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat.
Ia menyebutkan berbagai kegiatan teritorial yang telah dilakukan meliputi pemberantasan berita hoaks bersama masyarakat, latihan penanggulangan bencana alam dengan aparat terkait serta perbaikan irigasi.
Selain itu juga terdapat kegiatan keagamaan manunggal subuh penuh berkah untuk meningkatkan ketakwaan setiap individu serta mempererat komunikasi dengan masyarakat daerah itu.
“Dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, kami juga menerapkan sejumlah sifat-sifat teritorial,” kata dia.
Sifat tersebut di antaranya sifat kebersamaan, musyawarah, gotong royong dan sifat tegur sapa.

     Dalam mempererat hubungan dengan masyarakat, Kodim 0308 Pariaman juga melaksanakan kegiatan di alam terbuka seperti Wirabraja Fun Off Road Adventure beberapa waktu lalu.
Sementara itu, Direktur Pembinaan Pendidikan dan Latihan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dirbindiklat Puster TNI AD) Kolonel Inf Sugiono menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan Asistensi Teknis Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial termasuk di Kodim 0308 Pariaman beberapa waktu lalu.
Kegiatan tersebut, kata dia, bertujuan untuk melihat sejauhmana kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial yang telah dilakukan oleh Kodim 0308 Pariaman beserta jajarannya termasuk aplikasinya di lapangan.
“Sejauh ini sudah terlaksana sejumlah kegiatan positif, baik itu di bidang komunikasi sosial dengan masyarakat, pemerintah, tokoh agama dan organisasi kepemudaan lainnya,” ujar dia.
Ia meminta Kodim 0308 Pariaman untuk selalu dekat dengan masyarakat dan menjalankan sifat-sifat teritorial sebagai salah satu tugas dan kewajiban dengan tujuan kesejahteraan masyarakat dan turut serta dalam percepatan pembangunan daerah.(anjas)

Leave a Reply