Kodim Penajam Dirikan Posko Ramadhan Setiap Kecamatan

Penajam, jurnalsumatra.com – Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendirikan Posko Ramadhan di setiap kecamatan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan agar umat Islam di daerah itu dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

  Komandan Kodim atau Dandim 0913/Penajam Paser Utara Letkol Inf Mahmud saat ditemui, Rabu, mengatakan, untuk menjaga keamanan Kodim mendirikan sejumlah posko yang tersebar di wilayah Penajam Paser utara selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

  “Posko itu didirikan untuk membantu dan menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan warga yang melaksanakan ibadah puasa,” jelasnya.

  Pos keamanan tersebut menurut Mahmud, berada di setiap wilayah Komando Rayon Militer atau Koramil setiap kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

  “Semoga posko-posko yang sudah berdiri dan beroperasi itu bisa bermanfaat bagi masyarakat, utamanya selama Ramadhan hingga lebaran,” ujarnya.

  Setiap posko yang bersiaga siang malam tersebut menurut Mahmud, diisi prajurit sesuai kekuatan di setiap Koramil dengan sistem bergiliran mengisi posko Ramadhan tersebut.

  Posko Ramadhan itu didirikan jelas Dandim, untuk membantu aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di setiap wilayah Penajam Paser utara selama Ramadhan hingga lebaran.

  “Kami ingin membantu menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga warga muslim dapat menjalankan ibadah selama Ramadhan tanpa adanya gangguan,” kata Mahmud.

  “Tentunya, kami juga melakukan koordinasi dan komunikasi secara insentif dengan aparat kepolisian, terutama kepolisian sektor di setiap wilayah,” ucapnya.

  Melalui posko Ramadhan yang didirikan tersebut tambah Mahmud, diharapkan TNI bisa benar-benar hadir di tengah masyarakat bersama-sama menciptakan suasana Ramadhan aman dan kondusif.

  Kodim 0913/Penajam Paser Utara pada saat arus mudik maupun balik lebaran juga akan mendirikan tempat untuk beristirahat (rest area) bagi warga yang kelelahan saat mudik atau balik Lebaran. (anjas)