Kodim Rapat Sosialisasi Upsus Swasemda

Tanahdatar, Sumbar, jurnalsumatra.com – Kamis (17/10/2019) pukul 09.30 wib bertempat di Aula Kodim 0307/ Tanah Datar  jalan Sultan Alam Bagagarsyah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat, telah berlangsung kegiatan Rapat Sosialisasi Upsus Swasembada Pangan Pajale Tahun 2019 dan Penyampaian Target LTT Tahun 2019.yang di sampaikan langsung oleh Dandim 0307/ TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap S.Pd.M.I.Pol.

Adapun yang hadir pada rapat yersebut, Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap S.Pd. Mi Pol, Kasdim 0307/TD Mayor Inf Munawar, Kadis Pertanian TD Ir Yulfiardi, Kabid Pertanian TD Ibu Nelita Yelda, Koordinator  Kec.se- Tanah Datar, Petugas LTT se-Kabupaten Tanah Datar, Penangkar Benih se-kab.Tanah Datar, Para Danramil Jajaran Kodim 0307/TD, Para Bati tuud tiap tiap koramil kodim 0307 Tanah Datar, Para Anggota/Operator tiap tiap Koramil Kodim 0307/TD.

Sambutan Kadis Pertanian Yulfiardi Rapat koordinasi upsus ini adalah target untuk tahun 2020. Saya sangat berterima kasih kepada TNI terutama kepada Kodim 0307/TD yang telah bekerja sama selama ini. Dan pajale ini bisa kita laksanakan pada daerah kita masing masing. Dan untuk perbandingan pada tahun 2019 kita sangat menurun.dan untuk target kiya pada tahun 2019 masih ada yaitu pada bulan Nofember dan Desember.

Dan untuk jagung sama dengan padi masih kurang target kita pada tahun 2019. Dan pada daerah lintau buo utara,Rambatan,Sungai Tarab di sebabkan oleh kemarau yang terlalu panjang.

Masalah kedele untuk penyuluh di Kecamatan, kita harus dan mengajak petani untuk bisa menanam kedele. Karna ini sangat rendah sekali peminatnya.

Dan untuk bibit jagung sudah kami salurkan ke kelompok-kelompok petani. Kami berharap kita sama-sama mengawasi program ini dan kita bisa minta bantuan pada pak Danramil untuk mengawasi bibit jagung ini.

Dan mengajak petani petani di daerah kita untuk mengajak untuk masuk kelompok tani yang telah ada di daerah kita masing masing. Dan kita telah membuat suatu program untuk petani pembuatan kartu untuk pengambilan pupuk di kios kios di daerah daerah.

Sambutan Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto HarahapS.Pd.M.I.Pol menyampaikan, Mari kita saling bekerja sama untuk Menimgkatkan Produksi LTT di Kabupaten Tanah Datar. Tapi kebelakangan ini sering terjadi kemarau dan kebakaran hutan di daerah Palembang. Ini bisa salah satu penyebab kurang produksinya pertanian.

Dan beberapa waktu  yang lalu kenaikan harga jagung meningkat masyarakat yang punya ternak ayam mengelu tinggi nya harga jagung di pasaran dan bagaimana kita mendorong masyarakat yang punya lahan-lahan yang ada bisa ditanami padi di sawah kalau kedelai (Pajale).

Kalau di Kabupaten Tanah Datar ini sedikit petani yang menanam Kedelai itu, hanya untuk pembuatan tahu dan tempe apalagi beda dengan di Jawa sana. Kalau di Jawa sangat banyak banget tahu dan tempe. 

Bagaimana waktu yang ada kita bisa sama-sama untuk memotivasi untuk mengajak masyarakat untuk luas tambah tanam atau di sebut dengan LTT biar untuk bulan Oktober, Nopember dan Desember bisa kita capai kekurangan kekurangan pada bulan yang lalu.

kegiatan LTT  atau suatu hal yang bisa kita maksimalkan lagi, apalagi kalau sifatnya. Mungkin Nanti bisa kita maksimalkan dari tenaga dari anggota-anggota dan diberikan lagi ilmu pertanian biar anggota lebih bisa lagi bekerja lebih maksimal lagi dan bisa meningkatkan produksi pangan di Kabupaten Tanah Datar dan membantu penyuluh yang ada di wilayah.

Pukul 11.30 wib kegiatan Rapat Sosialisasi Upsus 2019 selesai dan 

Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman. (Myt)