Kodim Rejang Lebong Bantu Korban Tanah Longsor

Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu memberikan bantuan logistik berupa bahan kebutuhan pokok kepada warga Desa Sinar Gunung, Kecamatan Sindang Dataran yang menjadi korban tanah longsor yang terjadi di wilayah itu.

  Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko melalui Pasi Intel Kapten Cba Afrizal di Makodim 0409/Rejang Lebong, Kamis, mengatakan bantuan puluhan paket bahan pangan yang diberikan tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI disamping pengerahan bantuan personel lapangan.

  “Bantuan paket bahan pokok ini merupakan bentuk kepedulian TNI disamping pengerahan personel di lapangan. Bantuannya tadi diserahkan langsung oleh Dandim saat meninjau kondisi tanah longsor yang menimpa Desa Sinar Gunung,” ujar dia.

  Berdasarkan data yang mereka miliki tanah longsor yang terjadi pada Selasa (10/12) selain menimbun ruas jalan penghubung Desa Sinar Gunung dengan Desa Warung Pojok dan wilayah lainnya juga berdampak pada 12 rumah warga yang mengalami kerusakan serta terancam tidak bisa ditempati lagi.

  Sementara itu, Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki saat dihubungi mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan dua unit alat berat guna menyingkirkan material tanah longsor yang memutus akses jalan di Desa Sinar Gunung tersebut.

  “Saat ini masih dilakukan pembersihan dan pembukaan jalan yang tertimbun longsor. Sudah ada dua unit alat berat yang kita kerahkan yakni loader milik BPBD dan excavator milik dinas PUPR Rejang Lebong,” katanya.

  Proses pembersihan material longsor yang menimbun jalan utama di Desa Sinar Gunung yang diperkirakan mencapai 200 meter ini diperkirakan baru akan selesai hingga beberapa hari ke depan mengingat banyaknya material longsor berupa tanah dan kayu yang menimbun jalan yang menghubungkan desa itu dengan daerah lainnya.

  Sejauh ini pihaknya selain telah mengerahkan alat berat bersama dengan dinas instansi terkait seperti Dinas Sosial Rejang Lebong, TNI/Polri, PMI, Baznas dan lainnya, juga telah memberikan bantuan bahan pangan dan bantuan personel lapangan.(anjas)