Kodim Sigap Padamkan Kebakaran Lahan Desa Penyandingan

KayuAgung, Jurnalsumatra.com – Perjuangan aksi cepat tanggap anggota Kodim 0402/OKI yang tergabung dalam Satgas Darat Karhutla layak diapresiasi dan diacungi jempol. Pasalnya para angota Kodim 0402/OKI ini bersama anggota Satgas yang lainnya seperti dari Polri, Manggala Agni, BPBD dan Masyarakat Peduli Api (MPA) serta dibantu masyarakat setempat secara tanggap berhasil memadamkan api yang membakar lahan tidur masyarakat seluas sekitar 1,5 hektar di Desa Penyandingan Kec. Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), pada Minggu (25/8/2019).

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Riyandi, yang mendapatkan informasi sekitar pukul 16.00 WIB tentang terbakarnya lahan di Desa tersebut segera bertindak langsung memberikan perintah kepada anggotanya yang standby dititik terdekat yaitu Satgas gabungan dari Tim 21, 20, 19 dan 18, karena kalau dari Makodim 0402/OKI perlu menempuh waktu yang cukup lama menuju ke titik api, ini dilakukan guna mencegah Karhutla meluas.

Anggota Tim Gabungan tersebut terdiri anggota dari Koramil 402-11/Tulung Selapan, Polsek Tulung Selapan, Manggala Agni dan MPA serta anggota RPK dari PT. Dinamika beserta perlengkapan berupa mesin pompa 3 unit, dalam pemadaman kebakaran tersebut juga mendapat bantuan dari Satgas Udara berupa Helly 1 unit untuk Water Bombing. Dengan kesigapan para anggota Satgas tersebut akhirnya kebakaran lahan berhasil dipadamkan.

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Riyandi menghimbau kepada warga masyarakat guna cegah tangkal agar tidak lagi membuka lahan dengan membakar. Karena sangat berbahaya, terkait dampak Karhutla selain dapat mengakibatkan kabut asap juga sangat mengganggu kesehatan sehingga dapat menimbulkan penyakit.

“Oleh karena itu dalam rangka menciptakan Ogan Komering Ilir bebas Karhutla dan kabut asap, maka perlu peran serta seluruh warga untuk perduli bersama-sama menyadari pentingnya cegah tangkal agar tidak terjadi Karhutla yang tentunya sangat merugikan ini”, jelas Letkol Riyandi.(AmruJurnal)