Kodim Tinjau Jembatan Putus

Tanahdatar, Sumbar, jurnalsumatra.com – Dandim 0307/TD yang diwakili Danramil 04/LB melalui Batuud Serma Endrik Gaba lakukan peninjauan jembatan Tepian Kelambu yang terletak di Jorong Baringin Sakti  Kenagarian Taluak Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, pada Rabu (16/10/2019) pukul 10.00 Wib.

Peninjauan Jembatan yang dilakukan anggota Kodim 0307/TD tersebut di ikuti oleh, Danramil 04/LB diwakili oleh Batuud Serma Endrik Gaba, Wali nagari Taluak Bpk Pendi Aswil, Ketua KAN nagari Taluak Dt.Ponji Alam, Kepala Jorong Baringin Sakti Andi Rismanto.

Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap S.Pd.M.I.Pol yang diwakili Danramil 04/LB melalui Batuud Serma Endrik Gaba menjelaskan sedikit tentang sejarah jembatan Tepian Kelambu. 

“Jembatan tepian Kelambu ini terletak di Jorong Baringin Sakti, Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jembatan ini putus akibat diterjang air pada bulan Februari tahun 2016 lalu. Karena pada waktu itu arus air sungai batang sinamar yang terlalu meluap sehingga jembatan tepian kelambu terputus di bawah arus”ucap Endrik Gaba.

Dilanjutkan, jembatan tepian kelambu ini adalah salahsatu  objek pital untuk keperluan masyarakat, untuk Jalur perekonomian masyarakat nagari Taluak 40 %.  Nagari taluak adalah perekonomian nya ada di seberang jembatan tersebut. Pohon karet ± 20.000 ha, sawah 1000 ha. Semenjak jembatan ini putus perekonomian Masyarakat taluak menurun drastis dan sulit perekomian masyarakat. Mata pencarian masyarakat taluak mayoritas hasil dari pohon karet tersebut.

Jembatan tepian kelambu adalan alat transportasi masyarakat taluak dengan masyarakat nagari tigo jangko, yaitu daerah koto panjang dan masyarakat tanjuang bonai aur. Ungkap Endrik Gaba. 

Pada pukul 12.00 wib pengecekan Jembatan tepian Kelambu selesai dilaksanakan. Selama melaksanakan berjalan  lancar dan aman.

Jembatan tepian kelambu sebagai akses masyarakat putus total sejak th 2016. Masyarakat Nagari Taluak sangat mengharapkan pembuatan jembatan tsb.(Myt)