Kohanudnas-Airnav Indonesia Sepakat Maksimalkan Keamanan Penerbangan

       Jakarta,jurnalsumatra.com – Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) sepakat memaksimalkan keamanan penerbangan melalui pertukaran data dan informasi penerbangan serta penegakan hukum di wilayah udara Indonesia.
Kesepakatan itu dituangkan dalam kesepakatan kerja sama antara kedua pihak yang ditandatangani Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Imran Baidirus dan Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto di Jakarta, Senin.
Pangkohanudnas Marsekal Muda Imran mengatakan perjanjian kerja sama itu merupakan perpanjangan kerja sama antara Kohanudnas dan Airnav Indonesia pada 2013 yang telah berakhir masa berlakunya.
Sinergitas antara kedua pihak merupakan hal penting seiring dinamika penggunaan ruang dan wilayah udara Indonesia saat ini, katanya.
“Kohanudnas sebagai Kotama(Komando Utama) TNI bertugas menegakkan kedaulatan negara, termasuk kedaulatan wilayah udara RI dan melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar wilayah udara RI,” tutur Imran.

Sedangkan Airnav Indonesia bertugas menyelenggarakan layanan navigasi penerbangan nasional.
“Kedua tugas pokok ini penting untuk disinergikan untuk mendukung operasi pertahanan udara serta meningkatkan keselamatan, keamanan dan kelancaran penerbangan,” kata Panglima Kohanudnas.
Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto yang mengatakan pengelolaan wilayah udara nasional sebagai bagian dari wilayah kedaulatan negara yang sangat mempengaruhi sistem pertahanan keamanan negara, harus dikakukan dengan sangat hati-hati.
“Mencermati nilai strategis wilayah udara nasional sebagai bagian dari wilayah kedaulatan negara tersebut, maka penanganan isu mengenai wilayah udara tidak dapat diserahkan begitu saja kepada salah satu institusi,” katanya.
Novie mengatakan penanganan isu wilayah udara menjadi tanggung jawab beberapa pemangku kepentingan terkait, seperti antara Airnav Indonesia dan Kohanudnas.
Ia menambahkan tindak lanjut kerja sama tersebut akan dituangkan dalam suatu letter of operation coordination agreement (LoCA) antara unit pelayanan navigasi Airnav Indonesia dengan komando sektor pertahanan udara nasional (kosekhanudnas).
Ruang lingkup kerja sama terdiri atas pertukaran data dan informasi untuk kepentingan keselamatan penerbangan, keamanan dan pertahanan negara serta penegakan hukum di wilayah udara.(anjas)

Leave a Reply