Komisi I: “Palapa Ring” Terkoneksi Bantu UNBK

    Manado, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi I DPR-RI Abdul Kharis Almasyhari berharap proyek “Palapa Ring” segera terkoneksi sehingga membantu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Indonesia.
“Palapa Ring adalah salah satu upaya pemerintah yang didukung Komisi I, kami harap jangan berlarut, bisa terkoneksi sehingga UNBK bisa berjalan,” kata Abdul Kharis usai melakukan dialog dengan instansi terkait pembangunan proyek “Palapa Ring” di Manado, Rabu.
Tertundanya beberapa waktu penyelesaian proyek ini karena kapal yang membantu gelar kabel optik dasar laut sedang digunakan PT Telkom untuk memperbaiki jaringan terputus.
“Andai tidak ada pengalihan penggunaan kapal, tentu pembangunan jaringan akan terus berjalan, tanggal 1 Januari 2019 semua selesai,” ujarnya.

    Dia pun berharap, untuk membantu pelaksanaan UNBK dapat menggunakan fasilitas satelit walaupun kecepatannya terbatas tidak seperti menggunakan serat optik.
“Saya kira kementerian terkait seperti Kementerian Kominfo dan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dapat mencari solusi agar pelaksanaan UNBK tidak terganggu,” ajaknya.
Pelaksanaan UNBK di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu belum serentak dilakukan karena keterbatasan jaringan internet.
Tahun ini, pemerintah daerah melalui dinas pendidikan menargetkan 100 persen pelaksanaan UNBK di semua sekolah.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 4 =