Komisi III DPRD OKI Minta Amdal PT WAJ di Evaluasi

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memanggil Pihak Management PT Waringin Agro Jaya (WAJ) yang terletak di Kecamatan SP Padang dan Kecamatan Pampangan Senin (18/12/2017).

Pemanggilan tersebut merupakan tindaklanjut dari reses anggota DPRD yang banyak menerima keluhan terkait gagal tanam dikarenakan kebanjiran yang diduga diakibatkan oleh adanya PT WAJ.
Ketua Komisi III DPRD OKI, Efredi ST, didampingi Budiman dan Juni Alpansuri, dan Solahuddin meminta pihak PT WAJ membuat pintu kanal agar tidak terjadi kebanjiran terhadap sawah masyarakat sehingga merugikan.
“Kami berterimakasih dengan WAJ, karena kami telah diuntungkan dengan adanya lapangan kerja bagi masyarakat OKI, tapi jika tidak ada solusi untuk mengatasi kebanjiran makan lebih banyak merugikan masyarakat daripada untung,” Sindir Efredi.
Dalam kesempatan tersebut, ditambahkan Budiman, dalam kebanjiran di OKI merupakan kesalahan Amdal, untuk itu politisi PAN tersebut meminta evaluasi Amdal PT WAJ.
“Kami meminta Amdal PT WAJ di evaluasi, karena seharusnya Amdal dikeluarkan telah memikirkan 20 hingga 25 tahun kedepan, tapi nyatanya Amdal WAJ yang baru dikeluarkan 2008 dan sekarang sudah menimbulkan masalah sekarang,” tegas Budiman.
Juni Alpansuri dalam kesempatan tersebut meminta instansi terkait untuk melengkapi data Amdal perusahaan yang ada di OKI guna diperseiapkan untuk rapat selanjutnya.
Sementara itu pihak managemen PT WAJ, Bambang mengatakan akan menyampaikan hasil rapat dengan pihak managemen pusat.
“Kami akan menyampaikan ke managemen pusat, selain itu kami juga berharap agar kedepan dalam mengatasi banjir ini jangan cuma WAJ tapi libatkan juga Perusahaan lainnya sepertihalnya Sampoerna Agro, Klantan,” ungkap Bambang.
Rapat yang diselenggarakan di ruang banggar DPRD OKI tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat kecamatan Pampangan dan SP Padang, camat Pampangan Z Hendy, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Syarifuddin SP,  Kades Pantai Bambang Irawan, Dinas Bagian Lingkungan Hidup. (ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − one =