Komisioner KPU Dua Kabupaten Di NTT Belum Terisi

Kupang, jurnalsumatra.com – Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur Yosafat Koli mengatakan, komisioner KPU pada dua kabupaten di provinsi setempat sampai saat ini belum terisi, yakni Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Ende.
“Dari aspek kelembagaan kami sudah siapkan komisioner di 20 kabupaten/kota, minus dua yang belum yakni Sabu Raijua dan Ende,” kata Yosafat Koli dalam rapat koordinasi Pemilu 2019 bersama TNI-Polri di Kupang, Rabu.
Ia menjelaskan, secara kelembagaan, peran komisioner KPU di Kabupaten Sabu Raijua hingga saat ini masih ditangani KPU provinsi dan tim seleksi untuk seleksi sudah dibentuk untuk seleksi ulang komisioner KPU di kabupaten itu.
“Sebetulnya sudah diproses tetapi ada permasalahan internal, dalam seleksi sebelumnya yang tersisah hanya dua atau tiga komisioner yang memenuhi syarat karena perlu dibuat ulang tim seleksinya kembali,” katanya.
Yosafat menjelaskan, sedangkan untuk komisioner KPU Kabupaten Ende yang ada sekarang, akan mengakhiri masa jabatannya pada 7 April 2019 atau 10 hari menjelang Pemilu 2019.
Kondisi ini, lanjutnya, yang membuat koordinasi secara kelembagaan untuk persiapan Pemilu di daerah itu belum berjalan maksimal.
“Namun Timsel untuk Ende sekarang sedang dicari untuk dibentuk, kita berharap ini segera terbentuk sehingga proses seleksi mulai dilakukan,” katanya.   
Pihaknya menargetkan, komisoner KPU di daerah itu akan dilantik sebelum 7 April 2019 sehingga persiapanan Pemilu 2019 bisa lebih memadai.
Yosafat menambahkan, KPU NTT memastikan untuk tetap membenahi kesiapaan komisioner KPU di 22 kabupaten/kota di NTT maupun unsur penyelenggara hingga tingkat bawah sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar.(anjas)

Leave a Reply