Komunitas Kedunglo Promosikan Asian Games Lewat Sepeda Santai

Jakarta, jurnalsumatra.com – Komunitas sepeda Kedunglo Biking Team (KBT) turut meramaikan promosi Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus – 2 September dengan menggelar kegiatan sepeda santai KBT Tour de Jakarta 2018.
“Kegiatan bersepeda santai ini merupakan kesadaran kami sebagai komunitas sepeda santri Pondok Pesantren Kedunglo Kediri untuk mendukung penyelenggaraan dan prestasi Indonesia dalam Asian Games 2018,” kata Ketua Panitia Pelaksana KBT Tour de Jakarta Ipung Purwanto di Jakarta, Sabtu.
Ipung mengatakan 752 orang santri Kedunglo, baik yang berasal dari Kediri ataupun Jakarta turut memeriahkan kegiatan bersepeda yang dimulai dari halaman kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta.
“Kami tentu siap jika diminta bantuan untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games. Tapi, kami belum tahu perkembangannya nanti,” katanya.
Ipung menambahkan para santri Kedunglo yang berdomisili di Jakarta akan turut memeriahkan Asian Games ke-18 dengan menonton pertandingan sejumlah cabang olahraga, seperti sepak bola atau balap sepeda.

Sementara, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta yang membuka kegiatan sepeda KBT Tour de Jakarta itu menyambut antusiasme komunitas-komunitas olahraga untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.
“Kami ingin membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi semua peserta Asian Games. Indonesia juga mampu dalam prestasi serta masyarakat yang turut mendukung penyelenggaraan,” kata Isnanta.
Isnanta mengatakan kegiatan KBT Tour de Jakarta untuk promosi Asian Games 2018 itu merupakan inisiatif murni dari masyarakat Indonesia, selain turut mengajak pola hidup sehat secara fisik dan mental melalui kegiatan berolahraga.
“Mereka bersepeda keliling Jakarta dari halaman Kemenpora menuju kompleks Gelora Bung Karno (GBK) hingga ke makam pahlawan di Kalibata. Kami memang membutuhkan beragam promosi kegiatan olahraga, seperti bersepeda itu,” kata Isnanta.
Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga juga memromosikan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 melalui penyelenggaraan Jelajah Sepeda Nusantara dan Pemecahan Rekor Dunia Senam Poco-Poco.
“Kami punya jurus lain untuk membudayakan olahraga sekaligus promosi Asian Games dan Asian Para Games ke 150 kabupaten dan kota di Indonesia, salah satunya dengan menggelar Jelajah Sepeda Nusantara 2018,” kata Isnanta.(anjas)

Leave a Reply