Kondisi JCH Kotawaringin Timur Sehat

     Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Kondisi jamaah calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam kondisi sehat dan belum ada keluhan berarti, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur Samsudin.
“Kami setiap hari memonitor kondisi jamaah calon haji melalui petugas pembimbing haji. Alhamdulillah kondisi mereka sehat. Ada keluhan, cuma sakit ringan karena perbedaan cuaca,” katanya di Sampit, Selasa.
Saat ini, jamaah calon haji asal Kotawaringin Timur berada di Mekkah. Mereka melaksanakan umrah dan menunggu ibadah puncak, yaitu wukuf di Padang Arafah pada 9 Zulhijah atau 20 Agustus mendatang.
Melalui petugas pembimbing haji, Samsudin menyampaikan pesannya agar jamaah menjaga kesehatan. Apalagi kondisi cuaca di Tanah Suci saat ini sedang panas sehingga dikhawatirkan berpengaruh terhadap kondisi fisik jamaah.
Bagi calon haji yang merasa kondisi fisiknya terganggu, diminta segera memeriksakan kesehatannya kepada petugas kesehatan supaya tidak makin memburuk.

“Saya sudah meminta petugas memperhatikan kondisi jamaah. Terlebih yang berusia tua, harus benar-benar diperhatikan agar tidak sampai sakit,” kata Samsudin.
Jamaah calon haji asal Kotawaringin Timur berjumlah 215 orang, terdiri atas 98 laki-laki dan 117 perempuan. Jamaah tertua bernama Supangat berusia 75 tahun dari Kecamatan Baamang, sedangkan yang termuda adalah Fatimah Sari berusia 21 tahun dari Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.
Mereka diberangkatkan dari Sampit pada Kamis (2/8). Mereka tergabung dalam Kelompok Terbang 11 bersama Kabupaten Katingan dan Pulang Pisau. Dua kabupaten itu memberangkatkan masing-masing 52 calon haji.
Ary Dewar, salah satu calon haji asal Kotawaringin Timur yang dihubungi melalui pesan singkat, mengaku dalam kondisi sehat. Ary dan istrinya berangkat melalui jalur haji khusus.
“Cuacanya memang panas, bahkan bisa sampai 53 derajat. Tapi alhamdulillah kami sehat. Mohon doanya semua agar kami seluruh jamaah tetap diberi kesehatan dan kemudahan sehingga bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar,” kata Ary yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur itu.
Saat ini, jamaah mengisi waktu dengan beribadah di masjid dan ada pula yang melaksanakan umrah. Jamaah bersiap menjalankan wukuf di Arafah yang merupakan puncak ibadah haji. (anjas)

Leave a Reply