Kondisi pasien positif COVID-19 Rejang Lebong mulai membaik

Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan satu warga daerah itu berjenis kelamin perempuan berusia 56 tahun yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 dan telah menjalani perawatan di rumah sakit setempat mulai membaik.

  “Saat ini yang bersangkutan sudah menjalani perawatan di RSUD Curup, kondisinya sudah membaik karena sudah lima hari menjalani perawatan,” kata Kepala Dinkes Rejang Lebong, Syamsir di gedung PSC 119 Rejang Lebong, Senin malam.

  Warga yang dinyatakan terpapar COVID-19 ini lima hari lalu menjalani perawatan di RSUD Curup lantaran mengalami keluhan extremitas, lemas, mual dan muntah.

  Untuk itu, pihaknya akan melakukan penelusuran guna mengetahui riwayat perjalanan. Kemudian seluruh keluarga dari pasien ini juga telah menjalani karantina di gedung BLKM Curup dan akan segera dilakukan pengambilan swab dan akan dikirim ke Laboratorium Kesehatan Provinsi Bengkulu.

  “Keluarganya hari ini ada sembilan orang yang kita karantina di gedung BLKM, dan akan kita lakukan pengambilan swab, termasuk juga tenaga yang menangani pasien ini juga akan dilakukan pengambilan swab,” urainya.

  Sejauh ini, pemeriksaan swab terhadap sejumlah masyarakat yang diduga terpapar COVID-19 yang sudah diambil swabnya kata Syamsir, sebanyak 30 orang, di mana yang sudah keluar 11 orang, satu diantaranya dinyatakan positif. Sedangkan untuk 19 orang lagi hasil swabnya belum keluar.

  “Untuk ODP ada 30 orang, yang 21 sudah sehat dan sembilan masih dalam pemantauan. Untuk PDP ada dua orang, satu orang dinyatakan terkonfirmasi positif dan satu lagi masih menunggu hasil swabnya,” kata Syamsir yang juga juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong.

  Sebelumnya, Dinas Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyatakan hingga 1 Juni 2020, terdapat penambahan satu kasus warga daerah itu yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong sehingga totalnya menjadi 92 orang.

  Dengan adanya warga Kabupaten Rejang Lebong yang dinyatakan positif ini maka status zona hijau di Provinsi Bengkulu saat ini tinggal Kabupaten Lebong saja.(anjas)