Konjen Jepang Resmikan “Japan Corner” UMSU

     Medan, jurnalsumatra.com – Konsulat Jenderal Jepang di Medan meresmikan “Japan Corner” di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang nantinya akan semakin menambah wawasan mahasiswa pergurun tinggi tersebut tentang Jepang.
Konsulat Muda Jepang Daiki Yokoyama di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Perpustakaan UMSU yang memiliki koleksi cukup lengkap, bukan hanya menyediakan buku-buku ilmu pengetahuan, namun juga berbagai informasi lainnya.
Pihaknya berkomitmen akan terus membangun kerja sama dengan Perpustakaan UMSU dengan menyuplai berbagai bahan, terutama buku-buku yang terkait dengan budaya Jepang.
“Kami akan bantu menyuplai bahan-bahan literasi  berupa dokumen-dokumen, buku-buku tentang kebudayaan Jepang untuk menambah koleksi Perpustakaan UMSU. Mudah-mudahan ini bermanfaat,” katanya.
Peresmian Japan Corner tersebut, menambah koleksi lapak baca Perpustakaan UMSU yang sebelumnya sudah memiliki BI (Bank Indonesia) Corner dan KUI (Kantor Urusan Internasional) Corner.
Sebelum meresmikan Japan Corner tersebut, Daiki juga sempat memberikan kuliah umum pada acara yang bertajuk “Graduate Course In Japan an opportunity For UMSU”.

     Daiki Yokoyama yang cukup fasih berbahasa Indonesia itu dalam kuliah umumnya mengungkapkan perasaan gembira bisa berkunjung dan memberikan kuliah umum di UMSU.
Menurutnya, hal itu merupakan salah satu bentuk baiknya kerja sama antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 60 tahun.
Ia memaparkan tentang segala kemajuan kerja sama dalam bidang pendidikan antara kedua negara tersebut, yang hingga saat ini kurang lebih sebanyak 5.000 mahasiswa Indonesia sedang menjalani pendidikannya di Jepang.
Untuk itu, khususnya UMSU yang telah mengirimkan 12 mahasiswanya ke Jepang, Daiki Yokoyama sangat berharap agar terus ditingkatkan karena pihaknya juga akan meningkatkan jumlah beasiswa bagi mahasiswa di Indonesia.
“Kepada para mahasiswa untuk rajin-rajin melihat peluang beasiswa untuk kuliah di Jepang, terutama salah satu organisasi pendidikan di Jepang yang sering menawarkan beasiswa seperti Jasso yang dapat dilihat atau dicari melalui Internet Google,” katanya.(anjas)

Leave a Reply