Kopertis-X Dorong Dosen Tingkatkan Strata Pendidikan

     Padang,jurnalsumatra.com – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau mendorong dosen di kampus swasta di keempat daerah tersebut meningkatkan strata pendidikan sebagai doktor atau profesor.
“Dosen dengan gelar doktor terlebih profesor akan membantu kemajuan institusi dan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia,” kata Koordinator Prof Herri di Padang, Sabtu.
Dia mencontohkan di Kopertis X dengan gambaran dosen yang saat ini berjumlah 8.800 orang dengan hanya 400an bergelar Doktor, masih ada 6.860 dosen S2 yang harus melanjutkan studi.
Jumlah ini juga sesuai dengan nilai akreditasi program studi yang baru 11  untuk A dari 246 kampus yang ada di bawah koordinasi Kopertis X.

Hal ini mengindikasikan pentingnya dosen di kampus lingkungan Kopertis untuk meningkatkan status pendidikannya.
Terlebih bila kampus masih memakai dosen berstatus strata satu harus segera didorong untuk mengejar gelar magister.
Pentingnya peningkatan status pendidikan yakni memperkuat nilai akreditasi program studi bahkan institusinya.
“Inilah yang harus terus dipacu oleh kampus swasta untuk meningkatkan kualitasnya,” ujar dia.
Dia menambahkan selain meningkatkan status pendidikan, dosen juga harus rajin menciptakan inovasi dan meningkatkan jabatan fungsional.
Saat ini masih ada dosen tipe TP atau hanya tenaga pendidik dan belum mendapat jabatan fungsional asisten ahli, ini juga perlu diperhatikan kampus.
Artinya dosen harus lebih rajin dalam mengupayakan tridharma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan jabatan fungsional.
Dengan begitu capaian dosen bukan hanya semata untuk individu namun juga berimplikasi positif bagi insitusinya.(anjas)

Leave a Reply