Kopertis-X Dorong Kampus Bina Mahasiswa Berinovasi

    Padang, jurnalsumatra.com – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong kampus swasta yang ada di lingkungannya untuk membina mahasiswa menjadi berprestasi dan berinovasi dalam pengembangan ilmunya.
“Secara kelembagaan Kopertis dinilai baik oleh pusat, namun kelemahannya pada indeks karya inovasi mahasiswa yang perlu dimunculkan,” kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Jumat.
Dalam hal ini kampus melalui dosen menginisiasi mahasiswa untuk ikut dalam lomba seperti Olimpiade MIPA, pertandingan olahraga, pentas seni, wirausaha serta kegiatan lainnya yang berpotensi menghasilkan prestasi.
Memang, kelemahan di kampus swasta yakni pada anggaran yang tidak disiapkan ke arah itu.
Akan tetapi hal tersebut menjadi suatu keharusan bagi kampus untuk memajukan institusinya.
“Prestasi dan inovasi mahasiswa juga menjadi indikator penilaian akreditasi, mau tak mau kampus harus memperkuatnya,” tambah dia.

     Intinya mahasiswa harus memiliki tiga kemampuan yakni pengetahuan, etika dan teknik.
Dengan mengembangkan tiga komponen itu mahasiswa bisa memaksimalkan potensinya dan hasil inovasi dapat dirasakan.
Inovasi ini misalnya dalam membuka usaha kreatif, atau menciptakan produk penelitian yang bermanfaat.
Sementara itu salah satu mahasiswa di STKIP Sumbar, Lisa Febri mengatakan perbedaan mahasiswa di kampus negeri dan swasta pada fasilitasnya.
Mahasiswa di kampus negeri dapat lebih kreatif karena didukung fasilitas yang memadai namun di swasta bergantung pada ketersediaan dari yayasan.
Akan tetapi, orientasi dosen juga memberi pengaruh seperti lebih cenderung mengutamakan mengajar, meneliti dan mengabdi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =