Kopertis-X : Kampus Swasta Tidak Kalah Dari Negeri

     Padang, jurnalsumatra.com – Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof Dr Herri menilai kampus swasta yang ada di provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau secara kualitas sumber daya tidak kalah dari perguruan tinggi negeri.
“Bila dibandingkan kampus negeri yang ada di empat provinsi itu, perguruan tinggi swasta memiliki variasi pilihan program studi ini menjadi kelebihannya,” ujarnya di Padang, Sabtu.
Menurutnya dibanding perguruan tinggi negeri yang menyajikan persaingan ketat untuk masuk satu program studi dan cenderung sama, swasta justru membuka minat yang lebih luas bagi calon mahasiswa.
Calon mahasiswa yang berminat pada bidang kesehatan misalnya diberikan banyak pilihan prodi disamping kedokteran, seperti kesehatan masyarakat, keperawatan, psikologi, dan biomedik.

Bahkan ada juga beberapa kampus memiliki prodi yang tidak ada di kampus negeri sebagai contoh di Universitas Taman Siswa ada Program Studi Aktuari, Universitas Bung Hatta terdapat prodi Perikanan dan Kelautan serta Olahraga dan Rekreasi atau di beberapa kampus Riau terdapat prodi Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan.
“Beberapa dosen di kampus swasta juga mampu memenangkan persaingan untuk melajutkan studi, mendapat hibah penelitian atau berkesempatan menjadi reviewer dan asesor,” tambah dia.
Hal ini mengindikasikan potensi sumber daya manusia di kampus swasta cukup baik.
Penguatan kampus swasta ini ujar dia penting mengingat saat ini dari 7 juta jiwa mahasiswa di Indonesia, lebih dari tujuh puluh persen berasal dari kampus swasta.
Perbandingannya kata dia terdapat ribuan kampus swasta berbanding seratusan kampus negeri.
Sementara itu salah satu alumni mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang, Yuwindi menilai kampus swasta memiliki karakteristik yang berbeda dari kampus negeri baik positif maupun negatif.
Positifnya, mahasiswa yang masuk berdasarkan minat, negatifnya sumber daya dosen berkualitas belum merata.
Akan tetapi adanya niat pemerataan pendidikan tinggi oleh pemerintah, perlahan kampus swasta yang ada bisa mendekati capaian negeri.(anjas)

Leave a Reply