KOPERTIS XIV Siapkan 20 Hektare Bangun Perkantoran

     Biak, jurnalsumatra.com  – Manajemen Kopertis XIV Papua dan Papua Barat menyiapkan lahan seluas 20 hektare untuk lahan pembangunan pusat perkantoran lengkap Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) Provinsi Papua dan Papua Barat berlokasi di Kabupaten Biak Numfor.
“Ditargetkan tahun 2020 pusat perkantoran L2 Dikti Papua dan Papua Barat dengan fasilitas lengkap berkedudukan di Kabupaten Biak Numfor sudah selesai dibangun,” kata Ketua L2 Dikti Papua dan Papua Barat Dr S. Suriel Mofu dihubungi di Biak, Senin.
Ia mengatakan penyiapan fasilitas gedung pelayanan L2 Dikti Provinsi Papua dan Papua Barat sebagai kesiapan menghadapi perubahan status kelembagaan organisasi dari nama lama Kopertis XIV.
Lahan tanah untuk pembangunan gedung perkantoran L2 Dikti Papua dan Papua Barat, menurut Suriel Mofu, merupakan bantuan dari masyarakat adat pemilik hak ulayat di wilayah adat Bar Sorido.
“Secara bertahap lokasi pembangunan gedung perkantotan L2 Dikti dilakukan bertahap dengan dukungan bantuan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi dan Pemprov Papua dan Papua Barat,” harap Suriel Mofu.
Suriel Mofu mengatakan fasilitas perkantoran L2 Dikti akan menjadi tempat pelayanan semua kebutuhan pendidikan tinggi bagi setiap lembaga perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di tanah Papua.
Pelimpahan pelayanan pendidikan tinggi selama ini harus dilakukan rektor atau ketua sekolah tinggi harus ke Jakarta melalui Kementerian Ristek Pendidikan Tinggi.
“Setelah adanya pelimpahan pelayanan pendidikan tinggi ke lembaga layanan Dikti maka semua pengurusan dokumen pendidikan tinggi negeri dan swasta dialihkan ke wilayah Papua dan Papua Barat melalui L2 dikti,” katanya.
Suriel Mofu berharap kedepan Kabupaten Biak Numfor akan banyak dikunjungi pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Provinsi papua dan Papua Barat.
Berdasarkan data jumlah perguruan tinggi swasta di Provinsi Papua dan Papua Barat sebanyak 60 dengan status akreditasi B dan C serta tiga perguruan tinggi negeri yakni Uncen Jayapura dan Unipa Manokwari.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + six =