Kopi Salimpaung Diminati Oleh Starbucks Coffee

Tanahdatar, Sumbar Jurnalsumatra.com – Arkadius Dt.Intan Bano Anggota DPRD Privinsi Sumatera Barat menyebutkan di Bidang Perkebunan, Kopi Salimpauang Tanah Datar mendapat tempat di Dunia Internasional.

Pasalnya, usaha minuman kopi asal Amerika, Starbucks Coffee, meminta kopi Salimpauang untuk dijadikan bahan kopi perusahaannya.

Hal ini diungkapnya nya dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Salimpauang, di Gedung pertemuan nagari Salimpauang, Kecamatan Salimpaung, Rabu (12/2/2020).

“Untuk itu, masyarakat Salimpauang harus bisa menyikapi permintaan usaha minuman kopi Amerika Starbucks ini dengan mencari jalan keluarnya bagaimana memproduksi kopi Salimpauang yang berkualitas,” sebutnya.

Menurutnya, kopi Salimpauang itu bisa diproduksi dengan baik di Tanah Datar, mengingat lahan di kaki gunung merapi cukup luas untuk pengembangan kopi Arabica sebagai bahan starbucks.

“Jika produksi kopi Arabica dari Salimpaung itu sudah ada, nanti pengusaha kopi yang juga teman saya siap menampung kopi Salimpauang berapapun jumlahnya,”tambahnya.

Tidak hanya di perkebunan, masih banyak potensi lain yang bisa dikembangkan di Salimpauang untuk peningkatan ekonomi, diantaranya

pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain.

Sementara, anggota DPRD Tanah Datar, Yalpema Jurin dalam sambutannya mengapresiasi peserta Musrenbang di Nagari Salimpauang.

“Musrenbang hari ini serasa musrenbang tingkat kabupaten, karena lengkap dihadiri pejabat penting tingkat provinsi, tingkat kabupaten dan legislator DPRD  Tanah Datar,”jelasnya.

Selanjutnya, wali nagari Salimpauang, Drs Marjohan dalam musrenbang tersebut  melaporkan eksistensi penggunaan dana pembangunan fisik, dan non fisik tentang  APB Nagari 2019.

Ia akan fokus melaksanakan tugas – tugas pembangunan yang sudah disepakati bersama, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, dan para Legislator  tingkat provinsi ,dan kabupaten yang menghadiri Musrenbang nagari Salimpauang.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, lima legislator  DPRD  Tanah Datar,  Yalpema Jurin sebagai jubir legislator Tanah Datar, Nurhamdi Zahri, Khairul Abdi, Surva Hutri, dan Azwar Rabain, Kepala OPD, Forkompinca Sungai Tarab, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, Wali nagari, BPRN, tokoh masyarakat, dan undangan. (Myt)