Koramil Bersama POPT Periksa Pertumbuhan Tanaman Padi

Palembang, jurnalsumatra.com – Pengecekan secara berkala, akan menjadikan pertumbuhan tanaman padi akan menjadi lebih baik dan dapat cegah dini kerugian yang akan terjadi. Hal ini dilakukan oleh Koramil 406-08/Lubuklinggau Kodim 0406/Mura melalui Babinsa Kopda Zainal bersama petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) dan PPL Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau terjun langsung ke lapangan melaksanakan pemeriksaan keadaan pertumbuhan dan perkembangan padi sawah dari gangguan hama di wilayah Kelurahan Petanang Ilir Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau, Jumat (12/7/2019).

Pemeriksaan secara berkala tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya serangan hama pada tanaman padi sawah, yang dapat mengakibatkan kerugian para petani, disamping itu kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Kopda Zainal merupakan tindakan nyata dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa Koramil 406-08/Lubuklinggau Kopda Zainal mengatakan, persawahan yang berada di Petanang Ilir hanya ± 200 Ha, dikelilingi oleh kebun-kebun rakyat berupa tanaman karet, kopi dan sawit, sehingga sangat rentan sekali dengan serangan hama baik hama yang menyerang akar, batang daun maupun buah.

Sehingga salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah gagalnya panen, dilakukanlah upaya pencegahan dengan cara melakukan pemeriksaan secara berkala dalam satu kali masa tanam, apalagi saat ini tanaman padi menunjukan mulai akan berbuah. “Kami berharap dengan hasil panen yang maksimal nantinya masyarakat di Kelurahan Petanang Ilir ini tidak perlu lagi mencari atau membeli beras di luar“, kata Kopda Zainal.(Amrujurnalis)