Korban Rusuh Empat Lawang Dirawat di RSUD Lahat

Lahat, jurnalsumatra.com – Korban kerusuhan dan berujung baku tembak yang terjadi di Kabupaten Empat Lawang saat ini masih menjalani perawatan 1 korban di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lahat, dan kini sudah diruju ke Rumah Sakit HM Rabain Palembang.

Sedangkan tiga korban lainnya masih terkulai lemas di Rumah Sakit DKT Lahat. Samsul (44) warga Talang Rebu, Desa Tangga Rase, Kecamatan Sikap Dalam, Kabupaten Empat Lawang.

Mengalami luka tembak di kaki kiri dan paha kanan. Luka robek di belakang kepala dan punggung.

Soleh (35)/adik Samsul warga Talang Rebu, Desa Tangga Rase, Kecamatan Sikap Dalam, Kabupaten Empat Lawang. Mengalami luka lecet dan lebam di mata kiri, luka tembak di dada kanan, luka tembak paha kiri dan patah paha kiri.

Keduanya dioperasi Kamis siang (1/8/2019).

Esmi (30), istri Soleh mengungkapkan bahwa di Talang Rebu tersebut sedang ada pengerjaan proyek pembangunan jalan desa. Sementara suaminya sebagai Ketua Talang sebagai pengawas pembangunan jalan bersama warga lain termasuk kedua adiknya Erwan (24) dan Erwin (24).

Lalu Rabu (31/7/2019) sore didatangi empat orang berpakaian preman diduga oknum polisi hendak menanyakan proyek pembangunan tersebut. Terjadi perang mulut dan berakhir dengan keributan sehingga Erwan dan Erwin mengalami luka tembak.

Selanjutnya pada Malam harinya malam warga Talang Rebu menaiki truk hendak menjenguk Erwan dan Erwin. Saat di RSUD Empat Lawang terjadi bentrok dengan Polisi. 

“Suami aku sama warga maubjenguk  tapi malah ribut di rumah sakit. Bukan mau nyerang karena ada ibu- ibu dan anak kecil. Bawa sajam itu karena dari kebon,” ujarnya Esmi. Namun saat kejadian dirinnya bersama dua anaknya ada di rumah.

Sementara Romi, ayuk korban Soleh mengaku bahwa mereka datang ke rumah sakit hendak menjenguk. Tapi malah terjadi bentrok dengan polisi. “Waktu kejadian aku juga dak tahu pastinya. Tapi kami ke ruamh sakit mau jenguk,” ungkapnya.

Karumkit DKT Lahat Mayor Fauzi Mustakman Sp.B mengungkapkan bahwa ada tiga warga dari Empat Lawang yang nasuk rumah sakit, Rabu malam (31/7/2019). Satu pasien bernama Erwan dirujuk ke RSUD Muara Enim mangalami luka tembak di bagian perut. Sementar dua warga Soleh dan Samsul dirawat. Keduanya mengalami luka robek dan luka tembak dan patah. “Keduanya dioperasi siang ini (Kamis, red),” ujar Karumkit Fauzi Mustakman didampingi Kepala Ruangan Instalasi Gawat Darurat Titin Sumarni.

Ditambahkan Direktur RSUD Lahat Hj dr Erlinda Mkes melalui Humas RSUD Lahat Feri Agustian SH mengungkapkan satu warga korban bentrok Enpat Lawang atasnama Erwin sempat dibawa ke RSUD Lahat, Kamis dini hari. Namun dirujuk ke RS HM Rabain, mengalami luka tembak. (Din).