Korem 072/Pmk Tanam 10 Ribu Pohon di Temuwuh Bantul

Bantul, jurnalsumatra.com – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018, Korem 072/Pmk melaksanakan penghijaun di Dusun Tajan, Desa Temuwuh, Kecamatan Dlingo,  Kabupaten Bantul, Sabtu (10/12/2018).

Acara penghijauan diawali dengan penyerahan secara simbolis tanaman pohon dari Danrem 072/Pmk kepada masyarakat dan dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis yang dilakukan Danrem 072/Pmk, BP DAS, Bupati Bantul yang diwakili Kadinas Pertanian Pulung Hariadi, Camat Dlingo dan tamu undangan lainnya.

Seperti disampaikan Danrem 072/Pmk, Brigjen TNI Muhammad Zamroni, kegiatan penghijauan ini selain dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018, juga merupakan implementasi nilai kejuangan TNI AD yang diwujudkan melalui bakti sosial dan karya bakti berupa penghijauan. “Melibatkan berbagai unsur baik dari Pemkab Bantul, Polri dan seluruh komponen masyarakat,” kata Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Selain itu, kegiatan ini menunjukkan sinergitas antara TNI AD dengan segenap komponen masyarakat di Bantul yang cukup solid. “Untuk itu, hal-hal yang positif ini kita jaga dan pertahankan untuk keamanan serta situasi yang sudah kondusif ini demi kelancaran pembangunan di kabupaten Bantul,” papar Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Pada kesempatan itu, Danrem 072/Pmk, Brigjen TNI Muhammad Zamroni, juga menyampaikan terimakasih kepada BP DAS yang sudah menyiapkan bibit pohon penghijauan untuk ditanam di lahan milik masyarakat dan lahan Pemerintah.

Sehingga, kelak kabupaten Bantul tidak kesulitan air bersih lagi. “Karena dengan penghijauan ini dapat menjadikan pengikat sumber air bersih,” tandas Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Pada musim kemarau yang lalu, banyak wilayah yang kekurangan air bersih. “Dan, jika pada musim kemarau di tempat itu masih terdapat sumber air, berarti kita berhasil melaksanakan penghijauan,” kata Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Di samping itu, dengan diadakannya penanaman pohon produktif di lahan kosong terdiri dari tanaman buah jeruk, sirsak, nangka, durian, rambutan dan lain-lain, diharapkan bisa memberi manfaat kepada masyarakat.

Selain itu juga dapat dijadikan destinasi wisata baru. Apalagi program dari Pemkab Bantul yang memprioritaskan pengembangan di bidang pertanian, pariwisata dan industri kecil.

Danrem 072/Pmk mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam dan mendukung program penghijauan demi kesinambungan hidup generasi yang akan datang.

“Ingatlah, alam ini bukan warisan nenek moyang untuk  kita, melainkan titipan untuk anak cucu kita,” tandas Brigjen TNI Muhammad Zamroni di depan Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav. Puji Setiono, Kasi Intel Kolonel Inf. Wiratno, Kasi Ter Kolonel Inf Jaelan, Kasi Renc Kolonel Inf Andiek Prasetyo, Kasi Log Kolonel Inf I Made Alit, Kasi Pers Kolonel Inf Riza Anom Putranto, Dansat Brimob Polda DIY AKBP Deny, BP DAS, Dandim 0730/GK Letkol Inf Taufik Hanif, Dandim 0734/Ygy Letkol Inf Bram Pramudya, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto. (Affan)

Leave a Reply