Kota Palembang Kekurangan Ribuan Guru

Palembang. Jurnalsumara.com – Penghentian penerimaan PNS beberapa tahun terkahir berdampak pada kekurangan guru di Kota Palembang. Saat ini Kota Palembang kekurangan 2.000 guru ditingkat SD dan SMP.

Kepala Dinas pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penerimaan CPNS guru SD dan SMP sebanyak 2.000 guru ke pemerintah pusat. Namun balasan dari pusat, kalau penerimaan guru akan dilakukan secara bertahap. “Sekarang kita kekurangan guru sebanyak 2.000 orang. Sudah kita ajukan ke pusat untuk penerimaan guru. Tahun ini ada penerimaan guru, tapi tidak langsung 2.000 guru. Karena akan dilakukan bertahap,” ujarnya.

Kekurangan jumlah guru PNS disekolah, kata Zulinto, dapat diatasi dengan memanfaatkan guru honor. Kendati demikian, penerimaan guru honor tidak dapat overload. “Guru honor inilah yang bekerja menutupi kekurangan guru PNS baik ditingkat SD maupun SMP, ” bebernya.

Oleh sebab itu, kata Zulinto, kedepan dirinya akan memperjuangkan agar guru honor mendapatkan Upah Minimum Guru (UMG) sebesar Rp 1 juta perbulan. “Pak wali juga sudah menyampaikan akan meningkatkan kesejahteraan guru honor minimal mendekati UMG bahkan UMR,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =