KPD Kemenkes RI Kunjungi UPTD RSUP Sardjito Yogyakarta

SLEMAN, Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Tim Komite Pelayanan Darah (KPD) Kementerian Kesehatan RI kunjungi Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) untuk pembinaan teknis pelayanan darah.

Tim dari Komite Pelayanan Darah Kemenkes RI diterima pimpinan di Ruang Dewan Pengawas (Dewas) Gedung Administrasi Pusat (GAP) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, hari ini.

Hadir dalam pertemuan itu Direktur Medik dan Keperawatan dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, Sp.OG (K) beserta staf RSUP Dr. Sardjito, Ketua Komite Pelayanan Darah Dr. dr. Yuyun Siti Maryuningsih, M.Kes dan Kasubdit Klinik Ditjen Yankes Primer Drg. Haslinda, M.Kes.

Menurut Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, Sp.OG (K), UPTD bisa menjadi center of training dan harapannya pelaksanaan pelayanannya akan terus mendapatkan pendampingan dari Kementerian Kesehatan RI.

Sebagai salah satu unit pelayanan RSUP Dr. Sardjito, dikatakan dr Rukmono, UPTD ikut mengemban tugas pelayanan kepada pasien, tugas pelayanan pendidikan dan penelitian serta sumber pendapatan rumah sakit. “Sekaligus peningkatan kesejahteraan karyawan,” tandas Rukmono.

Pelayanan darah di rumah sakit, menurut Rukmono, dikembangkan untuk bisa melakukan pelayanan darah secara paripurna memenuhi standar kualitas serta dapat dilakukan mandiri. “Dengan tetap menciptakan networking dengan institusi pelayanan darah di rumah sakit lain ataupun di Palang Merah Indonesia,” kata Rukmono.

Tindak lanjut dari dari pertemuan ini di antaranya, membuat proposal untuk meminta bantuan pembiayaan alat, membuat  proposal training center di Yogyakarta, PIC: UPTD, diklit dan diklat, sertifikasi COCB dan realisasi pemeriksaan.

Setelah pertemuan acara dilanjutkan kunjungan ke instalasi perpustakaan dan peningkatan kemampuan SDM (IP2KSDM) dan UPTD RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. (Affan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 5 =