KPKP: Equestrian Pulomas Aman Dari Penyakit Kuda

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memastikan arena pacuan kuda atau Equestrian di Pulomas, Jakarta Timur aman dari penyakit kuda.
“Kami bisa memastikan Equestrian di Pulomas itu sudah bebas dari penyakit kuda, sehingga aman untuk digunakan saat Asian Games 2018,” kata Kepala Dinas KPKP DKI jakarta Darjamuni saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.
Menurut dia, arena pacuan kuda tersebut telah mendapatkan predikat bebas penyakit kuda, sehingga kuda-kuda milik para atlet Asian Games nanti dipastikan aman dan sehat.
“Predikat bebas penyakit di Equestrian Pulomas itu juga dideklarasikan di Eropa. Jadi, kami bisa pastikan arena pacuan kuda itu aman,” ujar Darjamuni.
Dia menuturkan predikat bebas penyakit kuda tersebut dapat diperoleh karena pihaknya melakukan pembagian tiga zona, mulai dari kawasan Pulomas hingga Jabodetabek, yaitu core zone, surveillance zone dan protection zone.

Di core zone, sambung dia, pihaknya melarang sepenuhnya keberadaan kuda-kuda lain selain kuda peserta Asian Games dalam radius 8 hingga 10 kilometer dari Equestrian.
Di surveillance zone, pihaknya masih mengizinkan keberadaan kuda-kuda lain yang bukan peserta Asian Games, namun masih tetap berada dalam pengawasan ketat Dinas KPKP DKI Jakarta.
“Sedangkan di protection zone, kami melakukan pengawasan terhadap kuda-kuda, termasuk ternak yang ada di lingkup wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta,” tutur Darjamuni.
Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya bertanggung jawab atas jaminan kesehatan kuda-kuda di Equestrian Pulomas yang nantinya akan digunakan oleh para peserta Asian Games 2018.
“Mengenai kesehatan dan kelayakan kuda, juga merupakan persyaratan dari organisasi kesehatan hewan dunia. Itulah yang menjadi tanggung jawab kami,” ungkap Darjamuni.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + nine =